Dinkes Prov Sediakan Pojok ASI di Bandara dan Kantor Pemerintah

GADING CEMPAKA, BE – Guna meningkatkan pemberian air susu ibu (ASI) ekslusif bagi bayi di Kota Bengkulu, Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu telah menyiapkan beberapa titik pojok ASI di Kota Bengkulu.

Pojok ASI ini merupakan tempat khusus bagi ibu-ibu yang ingin menyusui bayinya. Menariknya pojok ASI ini dibuat senyaman mungkin, supaya  ibu dan bayi yang diberia ASI merasa tenang saat proses menyusui berlangsung.

Kepala Dinas Kesehatan, Hendarini BSc SSos didampingi Kabid Binkesmas Sardania MKes mengungkapkan, pihaknya sudah membuat 13 titik pojok ASI di tempat-tempat keramaian di Kota Bengkulu. Diantaranya di Bandara Fatmawati, Pemda Kota, Pemda Provinsi, Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan Kota, dan beberapa Puskesmas yang ada di Kota Bengkulu.

‘Pojok ASI¬† ini dibuat ruangan khusus dengan fasilitas lengkap, termasuk kulkas untuk penyimpanan ASI. Rencananya pojok ASI ini akan dilaunching dalam waktu dekat,” ungkapnya.

Lebih lanjut Hendarini mengatakan, manfaat ASI bagi bayi sangat luar biasa. Saat buah hati ibu tumbuh dan berkembang di dalam kandungan, tubuh ibu memberinya antibodi melalui plasenta. Ini memberinya kekebalan pasif yang mampu melindungi janin ibu dari serangan penyakit selama masa kehamilan.

Namun, begitu sang buah hati dilahirkan, ia tidak lagi mendapatkan suplai antibodi. Sementara itu sistem kekebalan tubuh pada bayi yang baru lahir belum bekerja secara sempurna. Karena itu, bayi sangat rentan terkena resiko infeksi pada tahun pertama hidupnya.

”Menurut Professor Guido Moro dari Macedonis Melloni Maternity Hospital di Milan tentang manfaat ASI dua pertiga dari sistem kekebalan tubuh bayi ada di bagian perutnya, sehingga sangatlah penting untuk memperhatikan apa yang ia makan dan minum. Itulah sebabnya mengapa buah hati Ibu yang baru lahir sangat membutuhkan ASI terutama selama 6 bulan pertama kehidupannya,” ujarnya. (hdi)