Dinkes Launching Aplikasi SIBAES


ERICK/BE – RESMIKAN : Bupati Lebong, H Rosjonsyah SIP MSI bersama Ketua DPRD Lebong, Carles Ronsen, Kepala Dinkes, Rachman SKM MSi ketika mersmikan Puskesmas Perawatan Muara Aman dan launching aplikasi SIBAES.

Puskesmas Muara Aman Diresmikan

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebong memperkenalkan secara resmi launching aplikasi Sistem Informasi Berbasis Elektronik Kesehatan (SIBAES) yang langsung terkoneksi dengan Lebong Command Center (LCC). Launching SIBAES bertepatan dengan peresmian gedung Pusat Kesehatan masyarakat (Puskesmas) Perawatan Muara Aman oleh Bupati Lebong, H Rosjonsyah SIP MSI, kemarin (17/09).

Kepala Dinkes Kabupaten Lebong, Rachman SKM MSi mengatakan, bahwa aplikasi SIBAES merupakan salah satu upaya dari pihaknya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Untuk itulah dengan memiliki aplikasi SIBAES akan sangat membantu dan banyak manfaatnya bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan.

“Aplikasi ini bisa di download melalui aplikasi yang ada pada smartphone atau android,” jelasnya, kemarin (17/19).

Didalam apliksi SIBAES, memiliki berbagai fitur seperti pengelolaan data informasi riwayat medis setiap pasein, pengelolaan informasi pemakaian dan permintaan obat atau farmasi di setiap Puskesmas atau klinik, telah terintegritas dengan data BPJS Kesehatan dan P-care. “Selain itu pelaporan melalui jenislaporan yang lebih lengkap dan detail yang dilengkapi dengan sistem antrian dan pendaftaran online,” ucapnya.

Untuk saat ini, ada 2 Puskesmas yang telah menerapkan aplikasi SIBAES dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, yaitu Puskesmas Muara Aman dan Tes. Selanjutnya kedepan, seluruh Puskesmas (13 Puskesmas) akan menerapkan aplikasi SIBAES. “Aplikasi telah terkoneksi langsung dengan LCC, sehingga pimpinan bisa memantau secara langsung masalah pelayanan,” ucapnya.

Ditambahkan Rachman, launching bertepatan dengan diresmikannya gedung baru Puskesmas Perawatan Muara Aman yang sebelumnya telah dimulai pembangunnya sejak tahun 2016 yang lalu dan kembali dilanjutkan di tahun 2018 yang anggarannya didapat dari Dana Alokasi Khusus (DAK) masing-masing sebesar Rp 2,4 Miliar dan Rp 2 miliar. “Memang peresmian baru bisa kita lakukan bulan September ini, namun sejak awal 2019 gedung sudah digunakan untuk pelayanan kepada masyarakat,” sampainya.

Sementara itu, Bupati Lebong, H Rosjonsyah SIP MSI mengatakan, bahwa Lebong sehat merupakan salah satu visi misi dirnya bersama wakil bupati. Hal tersebut tampak terlihat didukung oleh OPD salah satunya Dinkes yang kembali melaunching aplikasi SIBAES yang dipastikan sangat bermanfaat bagi masyarakat. “Untuk itulah kita berharap dengan adanya aplikasi ini, maka pelayanan kepada masyarakat akan meningkat yang diiringi teknologi saat ini,” ujarnya.

Dimana dalam aplikasi SIBAES nantinya bisa mendeteksi secara dini seperti jumlah pelayanan per hari maupun per minggunya. Dengan demikian, penyakit apa yang didierita masyarakat Lebong bisa diketahui secara cepat. “Untuk itulah dengan adanya aplikasi ini pelayanan juga ditingkatkan, palagi SIBAES bisa terkoneksi dengan LCC sehingga saya bisa mengontrol langsung,”ucap Bupati.(614/krn)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*