Dinkes Kota Bengkulu Tetapkan Peristiwa Ratusan Warga Keracunan Makanan KLB

keracunan makananBengkulu, bengkuluekspress.com – Kejadian keracunan massal yang menimpa warga Bengkulu usai menyantap makanan di pesta pernikahan salah seorang warga di kawawasan Kelurahan Sawah Lebar, Kota Bengkulu, ditetapkan berstatus Kejadian Luar Biasa (KLB) oleh Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, Selasa (17/4/18). Mengingat banyaknya korban yang mencapai ratusan orang bahkan sampai saat ini masih terus berdatangan berobat ke rumah sakit, puskesmas dan bidan.

Dinkes Kota Bengkulu membuka posko pengobatan bagi para korban keracunan makanan itu.

Kadis Kesehatan Kota Bengkulu, Susilawati bergerak cepat dengan menjadikan tempat pengobatan bidan Susirna Nova sebagai Posko penanggulangan keracunan. Mengingat dekatnya jarak lokasi bidan dengan lingkungan warga yang mengalami keracunan tersebut.

“Ini termasuk KLB-ya. Maka dari itu kita dirikan posko pengobatan terdekat guna penanganan awal keracunan warga ini. Kami juga akan mengerahkan beberapa dokter untuk membantu disini. Karena tempatnya juga terbatas, sebagian korban juga kita alihkan ke Rumah Sakit Kota dan beberapa rumah sakit yang ada di Bengkulu,” terang Susilawati saat ditemui bengkuluekspress.com ketika meninjau posko, Selasa (17/4) sekitar pukul 10.00 WIB.

Tambah Susilawati, Dinkes sudah mengambil beberapa sampel muntahan dan kotoran korban keracunan guna pemeriksaan di laboratorium. Hasil dari pemeriksaan itu akan keluar sekitar 5 hari.

Bantuan logistik juga telah diturunkan Dinkes untuk para korban keracunan makanan, seperti air minum dan obat-obatan. Tambahan tenaga medis dan ambulan pun telah tiba di posko pengobatan yang terletak di kawasan Pasar Minggu tersebut. (Imn)