Dinkes Kota Bengkulu Siapkan 100 Dosis Vaksin Covid-19/Hari

Kadinkes kota Susilawaty

BENGKULU, BE – Target dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu terkait proses vaksinasi yakni sebelum lebaran vaksinasi terhadap lanjut usia (Lansia) bisa selesai sebelum lebaran Idul Fitri 1442 H. Untuk itulah, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu menyiapkan 10 vial vaksin atau 100 dosis setiap harinya.

“Ya untuk di Puskesmas di Kota Bengkulu ini kita (Dinkes kota, red) menyiapkan setiap harinya 100 dosis vaksin, kita berharap hal itu bisa berjalan dengan baik agar target vaksinasi bagi lansia ini bisa tercapai sebelum lebaran ini,” terang Kepala Dinas (Dinkes) Kota Bengkulu, Susilawaty, Jumat (7/5).

Ia mengatakan, memang untuk proses vaksinasi terhadap lansia ini dilakukan secera bertahap, tidak secara massal. Hal ini lantaran jumlah vaksin yang ada memang terbatas. Sekarang ini masih ada sekitar 1000 stok vaksin yang merupakan stok lama.

“Jika stok ini sudah habis, kita akan mengajukan kembali ke pemerintah pusat untuk stok vaksin. Ini semua ialah upaya pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19, tapi jangan pernah lalai terhadap prokes,” tuturnya.
Selain itu, Susilawaty mengatakan, bahwa saat ini pemerintah sedang fokus melakukan vaksinasi kepada para lansia di Kota Bengkulu. Target Pemkot sebanyak 10 ribu Lansia di Kota Bengkulu ini bisa mendapatkan vaksinasi Covid-19.

“Sesuai anjuran pemerintah pusat, kita menargetkan para lansia divaksin mencapai 70 persen. Kalau pejabat publik, perhotelan dan lainnya sudah banyak yang vaksin. Maka dari itu, pemerintah akan menggenjot stok yang ada ini untuk para lansia,” jelasnya.

Namun, ia meminta, meskipun stok vaksin terbatas, tetapi proses vaksinasi harus terus dilakukan karena ini merupakan program pemerintah pusat dalam pemulihan dimasa pandemi Covid 19 ini tentunya.

“Meskipun stok terbatas, tetapi saya minta kepada warga Kota Bengkulu terutama para lansia untuk mau di vaksin demi melindungi diri kita dari Covid 19 tetapi tetap taat prokes,” tuturnya kepada BE.

Ia juga meminta apabila ada saudara, keluarga atau orang tua yang lansia (usia 60 tahun ke atas) agar dibawa ke puskesmas terdekat agar dapat divaksin, karena lansia rentan akan terpapar Covid-19.

“Tolong bawa nenek, orang tua atau keluarga yang sudah Lansia ke Puskesmas agar di vaksin karena target kita 100 vaksin perhari. Ini semua gratis, dan kalau bisa sebelum lebaran target ini tercapai,” tuturnya. (529)