Dinkes Gelar Lomba Senam Germas

=Plt Kepala Dinkes Bengkulu Utara, Syamsul Maarief

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Hari ini (25/9) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) menggelar senam Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat. Kegiatan ini merupakan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 yang jatuh pada bulan November, tepatnya 12 November 2019 mendatang. Agenda ini dilaksanakan di seluruh kabupaten se-Provinsi Bengkulu. Hal tersebut disampaikan Plt Kepala Dinkes BU, Samsul Maarif SKM MKes ketika diwawancarai di ruang kerjanya, kemarin (24/9).

“Acara akan kita gelar selama 2 hari yakni untuk senam germas. Senam germas ini diikuti oleh anak sekolah dan umum. Pesertanya cukup banyak bahkan mencapai 750 orang untuk 140 grup, satu grup terdiri dari 5 orang. Dan ini pun dilakukan oleh seluruh Dinkes di kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu. Karena dalam lomba senam ini nantinya setiap pemenang dari tingkat kabupaten akan dilombakan kembali ke tingkat di Provinsi dalam peringatan HKN di 12 November mendatang,” kata Arief.



Arief menambahkan, selain senam germas, pihaknya juga menggelar sosialisasi Bawa Botol Minuman (BBM) yang rencananya akan dibuka langsung oleh Bupati BU, Ir H Mian. Hal ini dilakukan untuk mendukung program Pemkab BU yang sebelumnya sudah ada Surat Edaran (SE) Bupati bahwa mulai bulan Oktober di setiap seluruh Dinas/Instansi yang ada tidak lagi menggunakan minuman kemasan seperti aqua gelas dan sejenisnya. Hal ini dalam rangka mengurangi volume sampah plastik yang dicanangkan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten BU.

“Selain senam, besok (hari ini, red) kita juga mensosialisasikan Program BBM. Karena mulai Bulan Oktober tidak ada lagi menggunakan aqua gelas dan sejenisnya. Berdasarkan SE Bupati BU, tujuannya adalah untuk mengurangi volume sampah plastik,” pungkasnya. (127)