Dinkes BS Rutin Sosialisasikan Program Isi Piringku

Siswanto SSos MSi

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Dalam rangka mengajak warga selalu hidup sehat, saat ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkulu Selatan (BS), saat ini terus melakukan sosialisasi isi piringku. Kegiatan sosialisasi dilakukan seperti di pasar tradisional yang ada di BS, diantaranya Pasar di wilayah Kecamatan Seginim, pasar Talang Randai Kecamatan Bung Mas dan pasar Sulau kecamatan Kedurang Ilir.

“Kami rutin sosialisasi isi piringku, mengajal agar warga senantiasa hidup sehat,” kata Kepala Dinkes BS, Siswanto SSos MSi melalui Kabid Kesmas, Usman Sahari MKes.

Dikatakan Usman, kegiatan sosialisasi isi piringku untuk pemenuhan gizi keluarga dalam rangka mencegah stunting. Sehingga diharapkan setiap rumah tangga dapat memenuhi asupan gizi seimbang dalam setiap makanan yang disajikan, seperti vitamin dan asupan gizi sempurna serta memperbanyak makan buah dan sayuran.

“Harapannya agar warga di pasar mendapatkan informasi yang benar menyangkut peningkatan imunitas tubuh di masa pandemic Covid-19 dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari sesuai dengan pesan Germas,” ujar Usman.

Dijelaskan Usman dalam sosialisasi tersebut, pihaknya juga melibatkan pramuka Saka Bakti Husada (SBH). Sehingga dilakukan juga gerakan pemasangan ukuran tinggi badan pada setiap rumah tangga yang ada anak balita. Gerakan ini, untuk mempermudah pemantauan status gizi balita di rumah tangga guna pencegahan stunting.

“Balita juga selalu kami pantau dengan pengukuran tinggi badan, untuk mengetahui perkembangan tinggi badan dan pemenuhan gizi makanan,” terang Usman. (369)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*