Dinkes BS Kembangkan Toga

BUAT: Dinas Kesehatan membuat Toga pada halaman kantor Dinas Kesehatan BS.

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Kepala Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan (BS), Siswanto SSos MSi untuk dapat memanfaatkan pekarangan. Sehingga tidak ada pekarangan rumah yang kosong. Untuk itu, dirinya mengajak masyarakat khususnya Pemerintah Desa (Pemdes) memanfaatkan pekarangan dengan ditanami tanaman obat keluarga (Toga).

“Jangan biarkan pekarangan kita kosong, ayo kita tanam dengan Toga,” katanya.

Untuk sebagai contoh,Siswanto mengaku saat ini rumah para kader kesehatan dan jajaran petugas medis di Puskesmas dan lingkungan Dinas Kesehatan, memulai menanam tanaman obat . Selain itu juga dapat memberikan pemahaman terkait pemanfaatan tanaman agar menghindari kesalahan dalam pemanfaatan Toga.

“Petugas kita bahkan di halaman dinas kesehatan kita jadikan contoh untuk diterapkan oleh masyarakat,” ujarnya.

Dijelaskan Siswanto, jika setiap rumah tangga menanam tanaman obat, maka diharapkan dapat mengurangi atau meringankan pengobatan berbagai penyakit melalui pengobatan alternatif yang ada. Sebab dengan tersedianya berbagai jenis tanaman obat di sekitar pekarangan kita, sudah bisa memenuhi kebutuhan obat keluarga untuk penyakit ringan, terlebih dimasa pandemi Covid-19.

“Sangat diharapkan masyarakat bisa meningkatkan kesehatan dengan memanfaatkan berbagai ramuan olahan dengan hasil tanaman sekitar,” harap Siswanto. (369)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*