Dinkes Benteng Sosialisasi Aplikasi Silacak

Kepala Dinkes Benteng, Ns Gusti Miniarti SKep MH

BENTENG, BE – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), mengadakan kegiatan sosialisasi aplikasi Silacak kepada seluruh Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas di Kabupaten Benteng.

Kepala Dinkes Benteng Ns Gusti Miniarti SKep MH didampingi Kabid P2PL Yoki Hermansyah SKM MPh mengatakan, aplikasi Silacak merupakan aplikasi yang diluncurkan Pemerintah RI melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI).

Tujuannya untuk mencari dan memantau kontak erat dari kasus masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 sehingga pelaksanaan tracing bisa dilakukan lebih cepat dan akurat agar proses penanganan bisa dilakukan lebih cepat pula.

Dalam pelaksanaannya, penggunaan aplikasi Silacak melibatkan personel Polri, TNI dan tenaga survelans dari setiap Puskesmas di Kabupaten Benteng.

“Peserta yang diundang berjumlah 40 orang. Terdiri dari 20 orang Bhabinkamtibmas dan 20 orang anggota Bhabinsa. Mereka dilatih menggunakan aplikasi Silacak,” kata Gusti.

Pasca pelatihan ini, kata Gusti, Dinkes akan membentuk tim kerja yang melibatkan Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa memantau perkembangan penyebaran Covid-19 di setiap desa.

“Setelah ini, kami juga menfasilitasi pelatihan aplikasi Silacak kepada tim surveilans dari 20 Puskesmas di Kabupaten Benteng,” tandasnya. (135)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*