Dinkes Benteng Bentuk Posyandu Remaja


Bakti/BE
Posyandu Remaja : Kepala Puskesmas Ujung Karang, Julianti STr Keb foto bersama Ketua dan Kader Posyandu Remaja.

BENTENG,bengkuluekspress.com– Dinas Kesehatan (Dinkes) melalui seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) se-Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) membentuk Posyandu remaja di setiap desa.
Tujuannya adalah untuk mendekatkan akses dan meningkatkan layanan kesehatan bagi para remaja.
Kepala Puskesmas Ujung Karang, Julianti STr Keb mengatakan, sasaran kegiatan Posyandu remaja adalah mereka yang saat ini berusia 10-18 tahun dan tak memandang status pendidikan serta perkawaninan. Termasuk para remaja yang disabilitas.
“Posyandu remaja dibentuk disetiap desa. Diawali dengan pemilihan pengurus dan kader Posyandu remaja,” kata Julianti.

Dijelaskan Julianti, fungsi Posyandu remaja merupakan wadah pemberdayaan masyarakat dalam alih informasi dan keterampilan dalam rangkat meningkatkan kesehatan remaja. Teknisnya, tim medis Puskesmas bisa langsung memberikan pengetahuan kesehatan untuk disampaikan kepada masyarakat lainnya.
Seperti, pendidikan keterampilan hidup sehat (PKHS), kesehatan reproduksi remaja pencegahan penyalahgunaan Napza, gizi, aktivitas fisik, pencegahan penyakit tidak menular (PTM) dan pencegahan kekerasan pada remaja.
“Peserta Posyandu remaja juga berfungsi sebagai surveilans dan pemantauan kesehatan remaja di wilayah sekitar atau desa masing-masing,” tegasnya.(135)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*