Dinkes Bengkulu Selatan Gencar Sosialisasi STBM

KOTA MANNA, BE – Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkulu Selatan (BS), saat ini rutin menggelar sosialisasi program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Termasuk dengan membentuk sejumlah Kelompok Kerja Masyarakat (KKM) atau komunitas di setiap kecamatan.

“Kita saat ini sosialisasi 5 pilar program STBM,” kata Kepala Dinas Kesehatan BS Siswanto SSos MSi melalui Kabid Kesmas Usman Sahari MKes kepada BE.

Dikatakan Usman, program STBM adalah pendekatan untuk merubah priilaku higienes dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. Sedangkan, para komunitas merupakan kelompok masyarakat yang berinteraksi secara sosial berdasarkan kesamaan kebutuhan untuk meraih tujuan bersama. Adapun 5 pilar program STBM, yakni Bebas dari Buang Air Besar Sembarangan (ODF), cuci tangan pakai sabun
(CTPS), pengelolaan makanan dan minuman rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga dan pengelolaan
limbah cair rumah tangga sudah dilakukan dengan baik dan benar.

“Dengan penerapan 5 Pilar STBM ini Insya Allah rumah tangga dan lingkungan akan sehat,” ujarnya.

Dijelaskan Usman, dengan 5 pilar program STBM, diharapkan masyarakat sudah mencapai status Bebas dari Buang Air Besar (BAB) sembarangan, pada tahap pasca ODF diharapkan akan mencapai tahap yang disebut sanitasi total. Sanitasi total akan dicapai jika semua masyarakat di suatu komunitas, telah berhenti BAB di sembarang tempat, serta telah mempunyai dan menggunakan jamban yang sehat dan memeliharanya dengan baik. Masyarakat juga terbiasa mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun setelah BAB. Semua masyarakat telah mengelola dan menyimpan air minum dan makanan dengan aman dan pengelolaan limbah rumah tangga (cair dan padat) dengan benar.

“Kami mengajak seluruh warga BS agar selalu menerapkan 5 Pilar STBM,” demikian Usman. (369)

 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*