Dinkes Bagikan 7 Ribu Kelambu

FOTO BERSAMA: Usai sosialisasi pembagian kelambu secara massal di hotel Febi, Kota Manna, Rabu (11/3) dilakukan foto bersama.

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Mengingat saat ini sedang musim penghujan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkulu Selatan (BS) mulai membagikan kelambu kepada warga.

Dengan adanya kelambu tersebut diharapkan dapat mencegah warga BS agar tidak terserang menyakit demam berdarah dengue (DBD).

“ Ada 7 ribu kelambu kita bagikan ke warga,” kata Kepala Dinkes BS, Siswanto S Sos MSi didampingi Kabid P2P, Ns Elfa Sari SKep MKes usai acara sosialisasi di aula hotel Defi, Kota Manna, Rabu (11/3).

Dikatakan Elfa, kelambu yang akan dibagikan tersebut merupakan bantuan dari kementerian Kesehatan Republik Indonesia (RI). Kelambu bantuan kementerian ini akan dibagikan secara gratis.“ Hanya 4 Desa dalam 3 Kecamatan yang akan menerima kelambu tersebut,” ujarnya.

Dijelaskan Elfa,ke-4 desa tersebut yakni Desa Sukarami dan Desa Suka Maju Kecamatan Air Nipis, Desa Bandar Agung Kecamatan Ulu Manna dan Kelurahan Padang Sialang Kecamatan Pasar Manna.

“ Dipilihnya ke 4 desa dalam 3 Kecamatan tersebut sebagai sasaran penyaluran kelambu gratis, lantaran sebelumnya ke-4 titik itu paling banyak warganya yang mengidap penyakit DBD tahun lalu,”bebernya.

Dijelaskan Elfa, pendistribusian kelambu tersebut akan dilakukan melalui puskesmas terdekat dengan ke-4 titik tersebut. Sehingga Dinas menyerahkan kelambu ke puskesmas terdekat dengan ke-4 titik tersebut.

Kemudian puskesmas menyalurkannya ke warga di 4 lokasi yang rawan penyakit DBD tersebut.“ Penyalurannya melalui Puskesmas terdekat,” imbuhnya.

Dijelaskan Elfa kegunaan dari kelambu ini untuk melindungi warga dari gigitan nyamuk. Sebab dengan adanya kelambu warga akan nyaman tidur dari gigitan nyamuk penyebab penyakit DBD.“Mudah-mudahan dengan adanya bantuan kelambu ini,tidak ada lagi warga yang terserang DBD,”harap Elfa Sari. (369)