Dinas PUPR Optimalisasi Saluran Drainase

Budhi//BE
Dinas PUPR bersama BPBD Kota Bengkulu saat melakukan peninjauan lokasi drainase yang rusak maupun ditembuhi semak belukar sehingga sering menyebabkan banjir.

 

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Bengkulu, mulai melaksanakan penentuan titik nol pembangunan drainase sebagai menandai dimulainya pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur di Kota Bengkulu. Sekaligus untuk mencegah terjadinya banjir agar banjir yang merendam beberapa rumah warga di Kota Bengkulu, beberapa waktu lalu tidak terjadi lagi. Pelaksana tugas (Plt) Kadis PUPR Noprisman ST mengatakan, sejak pertengahan Mei lalu, dinas PUPR telah mulai penentuan titik nol ini untuk pekerjaan pembangunan drainase yang ada di beberapa titik Kota Bengkulu.

“Pembangunan drainase dan revitalisasi segera dilakukan ialah di Gang Ikhlas Hibrida 10, RT 4 dan 27 Kelurahan Surabaya, Puri Mas 2 Kelurahan Bentiring, RT 5 Kelurahan Berkas, serta di Jalan Veteran 2 RT 7 Kelurahan Nusa Indah. Tujuannya agar wilayah tersebut bisa segera terbebas dari genangan air ataupun banjir ketika hujan melanda Kota Bengkulu,” ucap Noprisman, Kamis (4/6).

Menurutnya, pembangunan drainase dan pemeliharaan serta revitalisasi drainase ini harus segera dilakukan, guna meningkatkan fungsi disaat musim hujan untuk menghindari terjadinya banjir di rumah warga setempat yang kondisi aliran air sangat perlu diperhatikan.

“Pembangunan drainase ini bersumber dari realisasi APBD Kota Bengkulu tahap l yang segera kerjakan guna mengantisipasi daya tampung debit air hujan di aliran drainase karena Bengkulu masuknya musim penghujan hingga beberapa bulan kedepan,” jelasnya.

Noprisman pun berharap nantinya, setelah pembangunan drainase ini selesai dikerjakan bisa mengurangi genangan yang ada dan bisa bekerja secara optimal.

“Saluran air merupakan sarana yang cukup penting dilingkungan dan kepada warga untuk ikut serta dalam mengawasi pembangunan agar terlaksana sesuai kebutuhan,” tuturnya.

Ia menambahkan, pembuatan drainase ini juga akan membuat lingkungan pemukiman menjadi lebih tertata rapi dan bersih dan bisa memberikan kebahagiaan bagi warga Kota Bengkulu yang selama ini rumahnya sering tergenang air atau banjir.

“Kami berharap peran warga sekitar bisa aktif melaksanakan kegiatan pembersihan saluran drainase dan merawat yang sudah di bangun oleh pemerintah Kota Bengkulu nanti karena kalau bukan warga sendiri yang menjaga dan merawatnya, siapa lagi kan ini demi kita bersama,” tutup Noprisman. (529)