Dinas PUPR Bantu Robohkan Masjid

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kota Bengkulu melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) menurunkan alat berat excavator untuk membantu merobohkan bangunan Masjid Baitur Rahman di Jalan Timur Indah Raya, Kelurahan Sidomulyo, kemarin (11/2).  Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan Dinas PUPR membantu warga setempat, karena saat ini pengurus masjid tersebut tengah membangun dan merenovasi masjid baru dengan desain 3 lantai, sehingga bangunan yang lama harus diratakan.

“Kami sangat terima kasih kepada Pak Kepala Dinas PUPR, karena kalau dengan biaya sendiri mungkin agak lama mengerjakannya tentu membutuhkan biaya besar. Dengan bantuan beliau, ya terutama Pak Walikota juga sehingga pekerjaan ini lebih cepat dan mudah,” kata Ketua Panitia Pembangunan Masjid Baitur Rahman, H Firmansyah.

Masjid yang terletak tepat di pinggir jalan ini memiliki jamaah yang cukup banyak, dan seiring dengan bertambahnya jamaah tersebut, maka warga sekitar yang dikoordinir pengurus masjid membangun masjid yang lebih besar luas dan megah hingga 3 lantai di atas lahan seluas 1.400 meter.  “Estimasi dana yang dibutuhkan sekitar Rp 5,1 miliar dan sampai hari ini baru terkumpul sekitar Rp 2 miliar, jadi kita masih perlu bantuan baik dari semua lapisan masyarakat. Dan dalam hal ini pemerintah kota sudah banyak cukup membantu kita,” tutur Firmansyah.



Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kota Bengkulu, Syafriandi ST MSi menjelaskan bahwa pihaknya memberikan perhatian penuh terhadap fasilitas rumah ibadah, salah satunya masjid yang membutuhkan alat-alat berat untuk merobohkan bangunan. Bantuan ini dilakukan secara gratis tanpa membebani pihak pengurus masjid, hal ini demi memperlancar proses pembangunan masjid-masjid yang ada di Kota Bengkulu.

“Hari ini kita membantu pembangunan masjid, dan memang sejak awal Pak Helmi menjadi Walikota dulu hingga sekarang memerintahkan bahwa seluruh kegiatan untuk rumah ibadah maka wajib kita bantu, maka dari itu kita turun hari ini karena ada permintaan dari warga, dan gratis,” jelas Andi sapaan akrabnya.

Dalam kesempatan itu, Andi mengimbau warga yang saat ini lingkungan tempat tinggalnya sedang membangun rumah ibadah, dan sangat membutuhkan bantuan alat berat khususnya excavator maka dapat langsung menghubungi Dinas PUPR kota, agar bisa dibantu untuk memanfaatkan alat berat tersebut secara gratis.  “Mudah-mudahan ke depan ini tetap berlanjut, misalnya ada masyarakat yang ingin mendapatkan bantuan seperti butuh alat excavator untuk masjid, silakan hubungi Dinas PUPR insha Allah kita akan bantu,” pesan Andi. (805/pkt)