Dinas PU Kota Tinjau Lokasi Banjir

Kadis PU_banjir

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Menanggapi adanya  banjir yang melanda sejumlah titik  di Kota Bengkulu,  akibat tingginya curah hujan yang mengguyur Kota Bengkulu sejak sore kemarin.  Untuk mencari permasalahan penyebab terjadinya banjir. Hari ini, (2/03/2016) Dinas Pekerjaan Umum kota Bengkulu, meninjauan di sejumlah titik yang sering terjadinya banjir yaitu  Kelurahan Tanah Patah, Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bengkulu, Safriandi didampingi kepala Lurah, Zul Herman serta Camat  Ratu Agung, Wallaiki Janip, mengatakan  ada beberapa penyebab terjadinya  banjir yang sering melanda warga kota selama ini kebanyakan diakibatkan  saluran air yang tersumbat.

“Kami akan segera melakukan pembukaan saluran air yang tertutup,   untuk mengantisipasi terjadinya banjir yang lebih parah lagi,” tegas Safriandi.

Sebagai tindak lanjut, dalam waktu dekat  pihaknya akan melakukan pengukuran untuk perencanaan irigasi dan gorong-gorong induk yang berada di Kelurahan Tanah Patah tersebut.

“Jembatan penghubung yang berada di RT.05 kelurahan Tanah Patah ini memang terlihat sudah tidak mampu   menahan dorongan air yang datang,untuk itu,  dalam waktu dekat ini PU akan mengadukan persoalan ini ke pemerintah  kota Bengkulu agar dapat menganggarkan dana pembuatan jembatan yang berada di Kelurahan Tanah Patah, dan daerah lain yang rawan banjir.

 Safriandi juga menghimbau kepada warga sekitar untuk tidak membiasakan diri membuang sampah ke aliran pembungan air, karena hal tersebut merupakan salah faktor utama penyebab terjadi penyumbatan  saat terjadinya hujan.

“Mari kita sama-sama menjaga lingkungan,  dengan cara tidak mendirikan bangunan di atas drainase, seperti yang banyak kita lihat dibeberapa tempat tadi, karena hal tersebut merupakan penyebab faktor utama terjadinya banjir ini,” harapnya. (one)