Dinas Pertanian Siapkan Program Asuransi 200 Ternak

Sri Fitri Kusumawati SPKP

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Kepala Dinas pertanian Bengkulu Selatan (BS), Ir Silustero MM melalui Kasi perbibitan produksi dan pakan ternak bidang Peternakan, Sri Fitri Kusumawati SPKP mengatakan tahun ini dinas pertanian memiliki program asuransi bagi ternak warga. Hal itu dimaksudkan agar para peternak mengkandangkan ternaknya.

“Program asuransi yang dananya ditanggung pemda BS untuk 200 ekor ternak pada tahun ini,” katanya.

Dikatakan Atik, sapaan akrab Kasi Perbibitan produksi dan pakan ternak ini, para peternak tersebut tidak akan dipungut biaya asuransi. Sebab biayanya ditanggung Pemda BS. Adapun ternak yang bakal mendapatkan asuransi gratis ini yakni ternak yang dikandangkan, ada antingnya dan ada surat keterangan sehat. Sehingga ketika ternak tersebut nanti mati, maka pemiliknya akan mendapatkan uang pengganti yang besarannya Rp 10 juta per ekor.

“Kalau sapi mati, pemiliknya diberikan uang asuransi, sehingga bisa beli lagi,” ujarnya.

Dijelaskan Atik, program asuransi gratis ternak ini, hingga saat ini baru beberapa orang saja yang mendaftar. Oleh karena itu, dirinya mengimbau para pemilik ternak untuk segera mendaftar. Sebab tidak dipungut biaya satu rupiah pun. Namun jika ternak mati, diberikan uang pengganti.

“Kuotanya 200 ternak, yang daftar baru daftar sekitar 15 ekor, jadi silahkan para peternak daftarkan ternaknya untuk mengikuti program asuransi gratis bagi ternaknya,” terang Atik. (369)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*