Dinas Pertanian Seluma Atasi Wereng di 585 Hektar Lahan Sawah

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma Arian Sosial SP MSi

TAIS,BE – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma Arian Sosial SP MSi mengatakan, saat ini dari sejumlah pengaduan yang masuk perihal hama wereng batang cokelat (WBC). Hama yang menyerang tanaman petani di Kabupaten Seluma. Dinas Pertanian sudah mengatasinya untuk lahan seluas 585 hektar. Dari luas wilayah yang terancam terkena WBC seluas 1.485 hektar.

“Kami hampir setiap hari menerima laporan dan masukan dari masyarakat petani. Perihal hama wereng batang cokelat. Kemudian, tenaga pertanian juga langsung turun dan melakukan penanganan. Lahan tanaman padi yang sudah kami selamatkan dari ancaman WBC seluas 585 hektar. Dari total ancaman seluas 1.485 hektar,” tegasnya.

Kemudian, Arian mengatakan, saat ini lahan tanaman padi yang sudah dipastikan gagal panen disebabkan serangan WBC ini seluas 12,5 hektar. Lahan yang rusak sedang atau masih bisa dipanen seluas 175,5 hektar.

“Ada yang rusak parah sehingga padi masyarakat dipastikan tidak bisa dipanen, serta ada yang rusak sedang, sehingga masih bisa dipanen,” tegasnya.

Arian Sosial mengatakan, saat ini Dinas Pertanian Seluma juga sudah menyerahkan sebanyak 110,5 Kg pestisida. Untuk membasmi hama wereng. Sehingga hama wereng bisa dibasmi dengan cepat.

“Kami sudah membagikan pestisida kepada masyarakat petani bersumber dari dana APBD Kabupaten Seluma serta APBD Provinsi. Saat ini kami masih membantu masyarakat petani. Jadi bagi petani yang tanamannya diserang WBC silahkan melapor ke Dinas Pertanian,” pungkas Arian. (333)

 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*