Dinas Pertanian Kabupaten Bengkulu Selatan Berantas WBC dengan Gerakan Pengendalian OPT

IST/BE BERANTAS: petani dan petugas pertanian memberantas hama WBC dengan gerakan pengendalian OPT secara serentak, Sabtu (29/8).
IST/BE
BERANTAS: petani dan petugas pertanian memberantas hama WBC dengan gerakan pengendalian OPT
secara serentak, Sabtu (29/8).

SEGINIM, BE – Serangan hama wereng batang coklat (WBC) tidak hanya dialami tanaman padi dataran sawah Kecamatan Pino Raya. Hal ini terkadi di semua wilayah di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS).  Pengendalian hama ini dilakukan gerakan pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT).

“Untuk membasmi WBC, kita lakukan gerakan pengendalian OPT serentak,” kata Kepala Dinas Pertanian BS, Ir Silustero MM.

Dikatakan Silus, jika tidak segera diatasi serangan hama WBC ini bisa menyebabkan gagal panen atau fuso. Untuk itu, Tim Brigade Proteksi Pertanian BS, bersama Balai Proteksi Provinsi Bengkulu, melakukan gerakan pengendalian OPT WBC di tiga titik, yakni hamparan Datar Rungau Koptan Mufakat Jaya Seginim, hamparan sawah KTNA Gunung Ayu, Seginim dan hamparan Pama Lebar, Pino Raya.

“Kita turun serentak ke sawah, agar tanaman padi tidak gagal panen,” ujarnya.

Silus juga mengimbau agar para penyuluh pertanian lapangan (PPL) dapat secara rutin turun ke lapangan dan mengimbau petani agar rutin memantau kondisi pertanaman padinya masing-masing. Jika populasi lebih 10 ekor per rumpun pada padi umur kurang dari 3 minggu atau lebih 20 ekor per rumpun, maka lakukan pengendalian dengan pestisida nabati atau kimia secara bijak.

“Lakukan pengendalian denban pestisida Cukup 2 kali, pertama kendalikan semua wereng dewasa  kemudian pantau 4 hari berikutnya, jika masih banyak lakukan kembali pengendalian yang kedua, Insya Allah pertumbuhan padi bisa normal kembali,” terang Silus.  (369)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*