Dinas Perpustakaan Provinsi Bengkulu Gelar Lomba Bercerita

 

REWA/BE
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, H Meri Sasdi MPd foto bersama pendamping dan peserta lomba bercerita tingkat provinsi di Kantor Dinas Perpustakaan Provinsi Bengkulu, Selasa (28/7).

BENGKULU, BE – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu melaksanakan lomba bercerita bagi siswa/siswi SD/MI Tingkat Provinsi di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi, Selasa (28/7).
Lomba bercerita ini dilaksanakan dalam rangka untuk menumbuhkan kegemaran membaca dan kecintaan terhadap budaya lokal.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, H Meri Sasdi MPd menyatakan, pada tahun ini lomba bercerita tingkat provinsi diikuti sebanyak 5 orang peserta dari SD/MI baik negeri maupun swasta.
Peserta lomba tersebut terbilang lebih sedikit dibandingkan tahun lalu dikarenakan beberapa kabupaten seperti Kaur, Kepahiang, Lebong, Mukomuko, dan Bengkulu Tengah tidak mengirimkan perwakilannya.
“Tahun ini pesertanya sedikit hanya 5 orang karena beberapa kabupaten tidak mengirimkan perwakilannya,” kata Meri).

Ia sangat menyayangkan beberapa kabupaten tidak mengirimkan perwakilannya dalam lomba ini. Padahal tujuan dari diadakannya perlombaan ini adalah untuk meningkatkan minat baca siswa khususnya SD/MI terhadap buku-buku cerita rakyat dan legenda daerah. Selain itu, lomba ini juga diharapkan mampu meningkatkan kecintaan mereka terhadap budaya lokal.

“Kegiatan lomba ini kita laksanakan jelas dengan tujuan yang baik dan positif, demi meningkatkan minat baca dan kecintaan terhadap budaya lokal kita,” ujar Meri.

Meski begitu, Meri mengapresiasi kabupaten yang telah mengirimkan perwakilannya pada perlombaan ini. Bahkan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah hadiah kepada peserta yang mengikuti perlombaan ini. Dimana peserta terbaik akan diambil Juara I hingga III serta Juara Harapan I hingga III.

“Kami mengapresiasi peserta lomba ini, kalau sedikit yang ikut berarti semua peserta ini nantinya akan dapat juara, minimal juara harapan II,” tutur Meri.

Ia menambahkan, juara I pada lomba ini akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp 2,5 juta, juara II sebesar Rp 2 juta, dan juara III Rp 1,35 juta. Sementara itu, juara harapan I akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 1,5 juta, juara harapan II Rp 1,25 juta, dan juara harapan III Rp 1 juta.

“Selain uang tunai para peserta yang menjadi juara juga akan mendapatkan piala,” tambahnya.

Ia berharap piala yang telah diperoleh oleh peserta lomba bercerita ini dapat disimpan dan dijaga dengan baik. Pasalnya piala tersebut nantinya akan digunakan lagi untuk perlombaan selanjutnya.

“Jaga piala tersebut dengan baik, jangan ditendang ataupun dirusak,” tuturnya.

Bagi peserta lomba yang memperoleh juara I nantinya akan mengikuti lomba bercerita tingkat nasional di Perpustakaan Nasional RI di Jakarta. Sehingga pihaknya berharap, para peserta lomba dapat maksimal dalam mengikuti perlombaan ini.

“Nanti yang juara satu akan kita kirim ke Jakarta pada September 2020 mendatang untuk ikut lomba serupa,” tutupnya.(999)