Dinas Perpustakaan BS Gelar Lomba Balistara

Hj Sri Gusti Sabana SH

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Dalam rangka melestarikan cerita rakyat Bengkulu Selatan (BS), Dinas Perpustakaan dan Arsip BS menggelar lomba Sayembara Menulis Cerita Rakyat (Balistara) BS.

“Waktu pendaftaran dibuka mulai 1 Agustus hingga 30 September,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan arsip BS, Hj Sri Gusti Sabana SH didampingi sekretarisnya, Amir Sofyan MPd.

Dikatakan Sri Gusti, untuk peserta lomba yakni masyarakat umum. Sehingga siapapun bisa mengikuti lomba. Kemudian cerita yang ditulis yakni cerita rakyat BS yang belum pernah diterbitkan. Dengan begitu, warga bebas menulis semua cerita cerita rakyat BS. Adapun hadiahnya untuk juara satu mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 1 juta, juara 2 mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 750 ribu, juara 3 mendapatkan hadiah uang Rp 500 ribu dan juara 4-10 masing-masing mendapatkan hadiah uang Rp 250 ribu.

“Pemenang lomba Balistara ini akan diumumkan pada 18 Oktober,” ujarnya.

Dijelaskan Amir Sofyan, digelarnya lomba bercerita rakyat ini merupakan inovasi dinas perpustakaan dan arsip BS untuk memperkaya cerita rakyat BS. Selain itu untuk membangkitkan minat baca warga BS. Selain itu untuk memperkaya cerita rakyat BS. Sehingga nantinya dibukukan. Dengan begitu, warga BS atau warga luar yang ingin mengetahui cerita rakyat BS bisa didapatnya dengan membaca buku cerita. Adapun untuk syarat dan ketentuan dapat ditanyakan langsung ke panitia lomba di dinas perpustakaan dan arsip BS.

“Semoga dengan adanya Lomba Balistara ini, minat warga BS untuk membaca buku makin meningkat,” harap Amir. (369)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*