Dinas Pendidikan Kota Bengkulu Usulkan Anggaran Beasiswa untuk Siswa Kurang Mampu Rp 1,5 Miliar

BENGKULU, BE – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdik) Kota Bengkulu, telah mengusulkan anggaran beasiswa bagi siswa kurang mampu. Beasiswa ini bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2020, senilai Rp 1,5 Miliar. Diperuntukkan bagi sekitar 2.730 siswa di Kota Bengkulu.

“Kuota masing-masing sekolah dibatasi SD negeri 22 orang dan swasta 8 orang. Kemudian, kuota beasiswa untuk tingkat SMP negeri sebanyak 25 orang, serta swasta 5 orang,” beber Kasubag Umum Disdik Kota Bengkulu Nopian Sutanto saat diwawancarai BE.

Pagu anggaran beaasiswa kurang mampu sebesar Rp 1,5 miliar itu rincianya beasiswa untuk jenjang SD sebanyak 2 ribu penerima bernilai sekitar Rp 1 M dan pagu anggaran tingkat SMP Rp 5 ratusan juta. Besaran beasiswa yang akan diterima tingkat SD sebesar Rp 500 ribu/anak/tahun. Jumlah ini naik dari sebelumnya Rp 450 ribu/tahun/anak. Sedangkan, untuk tigkat SMP besarannya tetap Rp 750 ribu/tahun/anak.

Pendistribusian beasiswa kurang mampu menunggu pengajuan data dari sekolah, yang saat ini dalam proses sosialisasi pada wali murid. Pengumpulan data akan ditunggu hingga akhir bulan September.

“Setelah semua proses data dikumpulkan diverifikasi selanjutnya akan diusulkan SP2D dari DPKA untuk bisa didistribusikan ke penerima,” terangnya mengakhiri. (247)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*