Dinas Pendidikan Kota Bengkulu Sosialisasi Aplikasi Pembelajaran Dimasa Covid-19

Endang/BE
Kepala sekolah saat mengikuti sosialisasi aplikasi pembelajaran daring ditengah pandemi Covid-19 di Hotel Pasir Putih, Rabu (11/11).

BENGKULU,BE – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bengkulu, memberikan sosialisasi strategi pembelajaran jarak jauh diera pandemi covid-19. Sosialisasi ini untuk jenjang SD, SMP se-Kota Bengkulu. Kegiatan yang digelar di Hotel Pasir Putih, Rabu (11/11) ini dimaksudkan tetap mempertahankan pola pembelajaran jarak jauh dengan mengutamakan teknologi digital selama masa darurat pandemi covid-19.

“Kita menggandeng pihak ketiga untuk mengsosialisasikan aplikasi kelas pintar kepada seluruh sekolah, baik tingkat SD maupun SMP di Kota Bengkulu,” kata Kepala Disdik Kota Bengkulu Dra Rosmayeti MM kepada BE.

Aplikasi kelas pintar ini memiliki perangkat yang cukup lengkap untuk dioperasionalkan di sekolah. Mulai dari absensi siswa, bahan ajar, data siswa dan guru, serta banyak lagi.  Aplikasi ini juga memiliki ruang untuk memasukkan data baru yang diperlukan sekolah atau guru dalam mendukung proses pembelajaran. Guru dimudahkan dalam mengajar dan siswa mudah dalam memahami materi pelajaran.

“Kelas pintar merupakan pembelajaran online yang interaktif. Dalam aplikasi juga tersedia materi pembelajaran sehingga meminimalisir praktik penjualan buku pada siswa,” katanya.

Pada tahap sosialisasi ini Disdik tidak memaksakan sekolah wajib memiliki aplikasi tersebut, karena penggunaan aplikasi ini tidak gratis. Namun, Disdik mengajukan izin ke Pemerintah Kota Bengkulu atas penggunaan aplikasi tersebut.

“Pemakaian aplikasi ini ada budgeting yang dibutuhkan, maka Disdik baru sebatas koordinasi saja. Belum mendapatkan izin dari pemerintah kota Bengkulu,” tutupnya. (247)

 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*