Dinas Pendidikan Kota Bengkulu Rakor Tata Cara Penilaian Pembelajaran Daring

BENGKULU, BE – Kasi Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Huteman Mulyadi menuturkan kepada BE Senin (10/8), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar webinar tentang penilaian pembelajaran secara dalam jaringan (daring), ditengah pandemi covid-19.

Ditengah masa seperti ini, proses pembelajaran tatap muka hanya diperuntukkan bagi sekolah yang berada di zona hijau. Di Indonesia baru 6 persen saja, sedangkan zona kuning, orange dan merah dilarang proses pembelajaran tatap muka. Tindak lanjut rapat koordinasi tersebut, Dinas Pendidikan Kota Bengkulu, memprogramkan proses pelaksanaan pembelajaran secara daring dan menggunakan program lainnya.

“Rencana penerapan pembelajaran ini dilaksanakan mulai Agustus dan september, sambil menunggu perkembangan covid-19 di Bengkulu,” bebernya.

Proses penilaian pembelajaran daring dapat dilakukan baik penilaian sikap, pengetahuan, keterampilan. Namun terlebih dulu akan digelar bimbingan teknis pada guru.

“Penilaian pendidikan karakter, gerakan literasi dan lainnya dikoordinasikan dulu pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran,” jelasnya.

Khusus mata pelajaran olahraga dan seni budaya yang banyak melibatkan keterampilan menjadi salah satu kendala guru dalam menyampaikan materi. Meski pun begitu pembelajaran dapat dilakukan melalui peragaan langsung lewat aplikasi zoom sehingga para siswa pun memahami teknik gerakan yang disampaikan guru. (247)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*