Dinas Pendidikan Kota Bengkulu Jadwalkan Simulasi UBKD

BENGKULU, BE – Dinas Pendidikan Kota Bengkulu, dalam waktu dekat memberikan pelatihan bagi tenaga operator dan guru untuk mengikuti simulasi Ujian Berbasis Komputer Daring (UBKD) tingkat SD, SMP.

Koordinator UBKD Kota Bengkulu Huteman Mulyadi menuturkan kepada BE, uji coba pelaksanaan simulasi UBKD pada operator dan guru bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk soal serta kemampuan aplikasi di sekolah.

“Tujuan simulasi untuk mengecek kesiapan infrastruktur perangkat komputer di sekolah. Untuk itu diharapkan seluruh sekolah penyelenggara dapat mengikuti proses simulasi tersebut,” katanya.

Simulasi ini sifatnya mengikat, karena simulasi ini guru dikenalkan bagaimana bentuk soal asesmen yang akan diterapkan pada pelaksanaan Ujian Maret 2021.  Asesmen UBKD hanya diprioritaskan pada siswa/siswi yang duduk dibangku kelas 5 (lima) SD dan kelas 8 (Delapan) SMP. Asesmen UBKD ini menyasar seluruh satuan pendidikan, karena baru pertama kali digelar, maka peserta yang mengikuti sangat terbatas. Satu sekolah diminta menyiapkan sebanyak 30 orang tingkat SD dan 36 orang siswa tingkat SMP.

“Siapa saja siswa yang ditunjuk menjadi kewenangan dari pemerintah pusat, 30 siswa SD dan 36 siswa SMP yang merupakan perwakilan sekolah tersebut ditentukan oleh kemdikbud melalui dapodik,” ungkapnya.

Sekolah yang tidak didukung sarana, diusulkan ke pemerintah pusat untuk mendapatkan bantuan fasilitas. Untuk sementara, pada pelaksanaan asesmen nanti para peserta boleh menumpang ke sekolah lain. (247)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*