Dinas Ketahanan Pangan Kaur Ajak Kembangkan Pangan Lokal

Wariman, SE MM

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kaur mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Kaur untuk dapat mengembangkan pangan lokal seperti ubi-ubian dalam mengatasi ancaman rawan pangan ditengah pandemi Covid-19 saat ini. Sebab komoditas ini dinilai masih memiliki nilai ekonomi yang menjanjikan.

“Saya minta kepada masyarakat untuk mengembangkan dan jangan malu mengkonsumsi pangan lokal seperti singkong ini karena ini bisa mengatasi kerawanan pangan ditengah pandemi Covid-19 ini,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kaur, Wariman SE MM, Jum’at (8/1).

Dikatakan Wariman, di Kabupaten Kaur tanaman jenis ini mudah dibudidayakan dan dapat ditanam dilahan yang kurang subur apalagi masih banyak lahan terlantar dan tidur yang belum diolah. Sebab saat ini warga Kaur sebagian sudah mulai melakukan budidaya tanaman singkong.

“Selain mudah dibudidayakan, risiko gagal panen sangat kecil dibanding komoditi lain. Bahkan, singkong ini aman dari serangan hama,” ujarnya.

Ditambahkanya, jika ada masyarakat yang berminat menanam singkong ini maka pihaknya akan melakukan sosialisasi agar kualitas hasil panen mereka benar-benar bagus. Dengan demikian petani jelas hasil panen singkong yang mereka tanam nanti akan sangat membantu meningkatkan perekonomian.

“Kalau ini kita geluti bisnis singkong ini sangat menjanjikan, karena mulai dari daun, batang dan ubinya semuanya bisa dijadikan uang,” tandasnya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*