Dinas ESDM Dihapuskan

bengkuluselatan_45-01

KOTA MANNA, BE – Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekkab) Bengkulu Selatan (BS), Rudi Zahrial SE menyatakan, Pemda BS sudah selesai menyusun rancangan perubahan nama-nama satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Untuk Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan dihapuskan dan akan dijadikan bidang pada Sektetariat Pemda Bengkulu Selatan.

“Untuk nama-nama SKPD sudah selesai kami susun, sepertinya Dinas ESDM dihapuskan dan menjadi bidang pada Sekretariat Pemda,” kata Rudi.

Selain itu, kata Rudi, semua SKPD tidak akan ada lagi yang menjadi kantor, semuanya menjadi dinas atau badan. Sehingga Kantor Lingkungan Hidup (KLH) nantinya akan menjadi Dinas Lingkungan Hidup. Tidak hanya itu, ada juga SKPD yang dipisahkan, seperti Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, dalam rancangan diusulkan menjadi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Dinas Kepemudaan dan Olahraga. “Saat ini masih rancangan, kepastian pergantian nama ada di tangan Bupati,” ujar Rudi.

Dengan pergantian nama-nama SKPD ini nanti, Rudi memastikan akan banyak bertambah dinas. Sehingga nanti banyak pejabat promosi ke eselon dua, sebab eselon dua saat ini jumlahnya terbatas. Selain itu, Pemda BS juga harus menyediakan kantor-kantor bagi dinas baru tersebut, serta tenaga operasional serta perlengkapan kantor.

“Kalau semua SKPD nama-namanya sudah berubah, maka perlu tambahan kantor bagi dinas baru serta dibutuhkan personel dan dana operasional, sehingga perlu penambahan dan bagi SKPD,” terang Rudi. (369)