Dinas Dukcapil Kembali Layani Pembuatan e-KTP dan Akta

FOTO IMAN/ BE – Nofri Andriyanto, Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Dukcapil Kota Bengkulu.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Setelah lumpuh selama 4 hari, pelayanan di Dinas Dukcapil Kota Bengkulu kembali bisa melayani warga untuk pembuatan KTP dan akta kelahiran atau kematian. Lumpuhnya jaringan server Dukcapil diketahui karena diserang virus yang cukup berat dan baru kali ini terjadi. Namun beruntungnya, seluruh data kependudukan masyarakat bisa pulih 100 persen tanpa ada satupun yang hilang.

“Beruntung setelah kita lakukan instal ulang data dan server bisa kembali pulih. Alhamdulillah kita punya penyimpanan eksternal yang membackup data di internal server. Jadi jika yang di penyimpanan internal hilang, yang di penyimpanan eksternal masih aman,” ucap Nofri Andriyanto, Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Dukcapil Kota Bengkulu, Kamis (20/02).

Untuk mengatisipasi hal serupa di kemudian hari, Dinas Dukcapil juga sudah mengajukan pengadaan antivirus berbayar yang lebih ampuh dan kebal ke Ditjen Dukcapil Kemendagri. Pihak Dukcapil juga akan mengajukan beberapa item peralatan penunjang pelayanan masyarakat ini agar tak terhambat dan proses ke masyarakat bisa lebih cepat.

“Alhamdulillah setelah mendapat informasi kalau Dukcapil di sidak DPRD kemarin, pengajuan antivirus yang lebih ampuh dan berbayar sudah disetujui. Kita juga akan melakukan pengajuan ke Dewan di APBD-P untuk penyetujuan pengadaan beberapa peralatan,” tambah Nofri. (Imn)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*