Dinas Damkar Surati Tiap Kecamatan untuk Imbau Masyarakat Sediakan APAR

FOTO/ Dok. bengkuluekspress.com – Petugas Damkar saat melakukan pemadaman api di lokasi kebakaran.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bengkulu menyurati tiap-tiap kecamatan yang ada di Kota Bengkulu. Surat tersebut berisikan agar pihak kecamatan mengimbau kepada seluruh warganya untuk menyediakan alat pemadam api ringan (APAR) di rumah masing-masing.

Selain itu juga meminta pihak kecamatan agar mengimbau tempat-tempat usaha seperti toko, kantor, rumah makan dan lainnnya yang memiliki gedung besar untuk selalu menyediakan APAR agar bisa mengantisipasi jika terjadi kebakaran. Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Damkar Kota Bengkulu, Saipul Apandi, Senin (10/08).

“Kita sudah membuat surat resmi ke tiap kecamatan untuk mengimbau masyarakat terkait pentingnya memiliki APAR. Selain itu mengimbau warga yang instalatir rumahnya sudah berpuluh tahun lamanya untuk diganti agar bisa meminimalisir timbulnya bahaya kebakaran,” jelas Saipul.

Selain itu, Saipul mengatakan pihaknya melalui unit pencegahan yaitu tim monitoring sudah hampir setiap hari melakukan pengecekan di pasar-pasar, rumah makan, pedagang dan perusahaan-perusahaan untuk memastikan mereka memiliki APAR. Tim monitoring juga melakukan pengecekan terhadap APAR yang ada apakah masih dalam kondisi bagus atau tidak.

Hal tersebut dilakukan Dinas Damkar untuk mencegah timbulnya bahaya kebakaran seperti yang terjadi beberapa hari lalu. Pihaknya tak ingin jumlah kasus kebakaran meningkat seperti yang terjadi pada tahun sebelumnya. (Imn)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*