Dimaafkan Pemilik, 4 Pemuda Maling Ayam Dilepas

DAMAI: Antara korban dan 4 pelaku pencurian ayam berdamai di Mapolsek Seginim dengan menandatangani sueat perjanjian damai,Jum’at (22/1).

SEGINIM, bengkuluekspress.com – Ra (17) warga Kelurahan Pasar Baru, Seginim dan 3 temannya, Su (18), warga Kelurahan Pasar Baru, Seginim, Is (17) dan Ri (17), keduanya warga Desa Padang Siring, Seginim saat ini dapat tersenyum lega.

Pasalnya telah sempat mendekam di sel tahanan Mapolsek Seginim lantaran tertangkap tangan oleh warga karena mencuri 2 ekor ayam milik Yanil (75) warga Desa Muara Danau, Seginim. Aksi mereka tersebut Kamis (21/1) sekitar pukul 13:00 wib di belakang rumah korban. Namun aksi mereka ini ketahuan warga, hingga ditangkap warga dan dibawa ke Mapolsek Seginim.

Setelah satu malam mendekam dalam sel, mulai Jum’at (22/1) siang, mereka dikeluarkan dari sel. Sebab korban telah memaafkannya dan mencabut laporan ke polisi. Sedangkan ke-4 pelaku berjanji tidak akan mengulangi perbuatan serupa lagi.

“Alhamdulillah upaya problem solving atau upaya damai antara korban dengan pelaku berhasil,” kata Kapolres BS, AKBP Deddy Nata SIK melalui Kapolsek Seginim, AKP Tamsir SH.

Dikatakan Tamsir dalam perjanjian damai tersebut, ke-4 pelaku memenuhi permintaan korban untuk membayar ganti rugi uang sebesar Rp 500 ribu karena telah mencuri ayamnya. Setelah itu korban dan ke-4 pelaku bersepakat damai. Sehingga ke-4 pelaku diserahkan kembali kepada keluarganya.

“Karena antara korban dan pelaku sudah berdamai dan korban mencabut laporan dengan tidak akan melanjutkan proses hukum kasus tersebut, maka proses hukum tidak kami lanjutkan,” terang Kapolsek.

Sebelumnya, Kamis (21/1) siang di saat korban sedang tidak ada di rumah. Sebab saat itu, dirinya sedang panen jagung di sawah. Ke-4 pelaku mencuri 2 ekor ayamnya di belakang rumahnya. Aksinya saat itu diketahui warga, sehingga mereka ditangkap warga. Korban baru tahu ayamnya dicuri, setelah ada perangkat desa setempat memberitahunya. Lalu korban pulang. Setelah itu ke-4 pelaku dibawa warga ke Mapolsek Seginim untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya karena telah mencuri ayam korban. (369)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*