Dilalap Sijago Merah, Dua Rumah Warga Manna Hangus

PADAMKAN: Warga bersama petugas memadamkan api yang melalap dua runah warga Kelurahan Gunung Ayu, Kota Manna, Minggu (28/3).

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Warga RT 03 Kelurahan Gunung Ayu Kecamatan Kota Manna, Minggu (28/4) sekitar pukul 14.40 WIB, mendadak heboh. Pasalnya dua rumah warga setempat hangus karena dilalap sijago merah. Kedua rumah yang terbakar tersebut milik Amirin Lubis (58) dan Sikarman (55). Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun mereka mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Berdasarkan pantauan di lapangan, api pertama kali berasal dari rumah Amirin Lubis yang berprofesi sebagai guru PAI SMAN di Bengkulu Selatan. Api menjalar dari bagian plafon rumah, kemudian membesar hingga melahap seluruh bagian rumah.

Saat kejadian, rumah dalam keadaan kosong karena pemiliknya sedang pergi ke luar. Warga sekitar melihat ada gumpalan asap dari rumah Lubis langsung memberi tahu warga sekitar. Namun hanya dalam beberapa detik, api membesar hingga ke seluruh bangunan rumah. Setelah itu, api yang membesar menjalar ke rumah Sikarman alias Akai yang berada persis disebelah rumah Lubis. Api sudah berkobar di bagian plafon rumah Akai, hal itu membuat pemilik rumah panik. Seluruh barang dan perabotan dikeluarkan. Berkat petugas PBK yang sudah tiba dilokasi, api di rumah Akai berhasil dipadamkan sebelum menghanguskan seluruh bangunan rumah. Awalnya warga memadamkan api dengan cara menyiram pakai ember dan semprotan mesin steam tidak berhasil. Api dengan cepat menghanguskan seluruh bangunan rumah Lubis. Bahkan nyaris menghanguskan rumah tetangganya. Beruntung, tiga unit armada pemadam kebakaran (PBK) tiba di lokasi. Sehingga api berhasil dijinakkan sebelum menghanguskan rumah Akai.

“Api pertama kali berasal dari rumah pak Lubis ini. Api yang membesar kemudian menjalar ke rumah pak Akai yang berjarak sangat dekat dengan rumah Lubis. Sehingga bagian atas rumah turut terbakar, tapi tidak sampai habis seperti rumah pak Lubis ini,” ujar Fahmi, warga sekitar.

Setelah hampir dua jam, api yang membakar puing-puing sisah bangunan berhasil dipadamkan. Warga sekitar turut membantu membersihkan puing-puing kebakaran bangunan. Rumah Lubis ludes terbakar terbakar, hanya tembok yang masih berdiri, sementara rumah Akai berhasil diselamatkan. Hanya bagian plafon belakang terbakar dan banyak perabotan rusak saat proses penyelamatan.

Kapolres BS, AKBP Deddy Nata, SIK melalui Kasubag Humas, AKP Sarmadi membenarkan adanya peristiwa kebakaran. Personel sudah diturunkan ke TKP untuk membantu pengamanan. Terkait penyebab kebakaran, pihaknya akan melakukan penyelidikan.

“Saat ini api sudah berhasil dipadamkan, untuk penyebab pasti kebakaran, masih kami telusuri,” ujar Sarmadi. (369)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*