Dikpora Sosialisasikan Pendidikan Keluarga

INSERT - Unsur pendidikan tampak serius mengikuti sosialisasi
INSERT : Unsur pendidikan tampak serius mengikuti sosialisasi

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress– Kinerja Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) patut diapresiasi. Meskipun merupakan kabupaten termuda, Kabupaten Bengkulu Tengah akhirnya berhasil menjadi satu-satunya kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu yang mendapat perhatian dari Direktorat Pendidikan Keluarga Dirjen Pembinaan PAD dan Dikmas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendigbud) RI.

Salah satu perhatian yang diberikan adalah menjadi wadah untuk mengembangkan program baru dari pemerintah pusat, yakni sosialisasi penyelenggaraan pendidikan keluarga. Kasubdit Kemitraan Direktorat Pembinaan dan Pendidikan Keluarga Kemendigbud RI, Drs Hendra Sudjana MEd dalam kesempatan tersebut menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan sinergisitas semua elemen dalam menciptakan generasi muda yang berkualitas. Baik dari lingkungan sekolah, lingkungan keluarga maupun lingkungan masyarakat.

“Selama ini keterlibatan keluarga dan masyarakat masih belum optimal dalam mengubah karakter anak menjadi lebih baik. Padahal, anak-anak lebih memiliki banyak waktu di lingkungan keluarga,” kata Hendra.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bengkulu Tengah, Saidirman SE MSi memberikan apresiasi kepada Kemendigbud RI yang telah mengadakan kegiatan positif untuk memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Bengkulu Tengah.

“Kemajuan suatu daerah tentu saja tak terlepas dari dukungan sumber daya manusia (SDM) yang handal. Karena itulah, merupakan tugas bersama dalam mengembangkan dan mengubah karakter anak menjadi lebih baik. Diharapkan, Kabupaten Bengkulu Tengah bisa terus berkembang dan tak kalah dengan kabupaten lainnya,” tegas Saidirman.

Senada disampaikan Kabid PNFI Dinas Dikpora Kabupaten Bengkulu Tengah, Syarifudin.Ia menjelaskan bahwa Kabupaten Bengkulu Tengah merupakan salah satu dari 70 kabupaten se-Indonesia yang dilirik oleh Pemerintah Pusat. Pada kesempatan ini, pihaknya telah mengundang 100 orang yang tergabung dalam unsur pendidikan yang meliputi Kepala PAUD, Penilik Sekolah, Kepala dan Pengawas SD, Kepala dan Pengawas SMP, LKP dan PKBM.

“Tujuan kegiatan ini adalah memberikan arahan kepada unsur pendidikan mengenai pentingnya pendidikan keluarga dalam mengubah karakter anak. Diharapkan, kegiatan ini menjadi stimulan bagi Pemda agar bisa dianggarkan dalam APBD Kabupaten Bengkulu Tengah,” demikian Syarifudin.(135/krn)