Dikpora Perjuangkan TK Percontohan

Kabid PNFI Dikbud Kabupaten Benteng, Syarifuiddin SPd MSi
Kabid PNFI, Syarifudin

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) tengah memperjuangkan agar pembentukan sekolah tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) negeri segera terwujud. “Meskipun hampir seluruh desa/kelurahan di Kabupaten Benteng sudah memiliki TK maupun PAUD, tapi belum satupun TK maupun PAUD Negeri,” ungkap Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Benteng, Saidirman SE MSi melalui Kabid Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI), Syarifudin SPd MSi.

Sebagai langkah awal, sambung Syarifudin, pihaknya akan berupaya untuk mendapatkan suntikan dana alokasi khusus (DAK) senilai Rp 1,2 miliar untuk pembangunan gedung TK Pembina pada akhir tahun 2018 ini. Dari hasil koordinasi dengan Kementerian Pendidikan RI, salah satu syarat yang mesti dilengkapi adalah adanya ketersediaan lahan yang telah memiliki status jelas dan bersetifikat.



“Minimal, lahan yang disiapkan adalah seluas 1 Hektare (Ha). Kita sudah berkoodinasi dengan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPRKPP) dan berhasil mendapatkan solusi. Lahan yang akan dibangun gedung PAUD nantinya tidak jauh dari kantor Bupati Benteng,” beber Syarifudin.

Setelah terbentuk nantinya, PAUD percontohan akan dimotori oleh para guru yang sudah berstatus pegawai negeri sipil (PNS). Akan tetapi, untuk menunjang pelaksanaan kegiatan belajar dan mengajar (KBM), tak menutup kemungkinan ada beberapa guru honorer yang diperbantukan. “Nantinya, PAUD percontohan akan melakukan pembinaan kepada seluruh PAUD yang ada di Kabupaten Benteng. PAUD percontohan juga bisa menjadi sekolah rujukan yang ada di Kabupaten Benteng,” tandas Syarifudin.(135)