Dikontrak 3 Bulan

Foto : IST

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Rejang Lebong mengungkapkan relawan demokrasi yang saat ini tengah mereka rekrut akan bekerja selama tiga bulan. Tak hanya itu, mereka yang terpilih nantinya akan mendapat gaji atau honor sebesar Rp 750 ribu setiap bulannya.

“Masa kerja relawan demokrasi adalah 3 bulan, dimana setiap bulannya akan mendapat honor sebesar Rp 750 ribu,” sampai Koordinator Divisi Sosialisasi KPU Rejang Lebong, Ujang Maman.

Proses perekrutan relawan demokrasi sendiri, menurut Ujang saat ini sudah mereka mulai, oleh karena itu bagi masyarakat yang ingin bergabung menjadi relawan demokrasi ia mempersilahkannya.Hanya saja menurut Ujang, mereka yang ingin bergabung menjadi relawan demokrasi tersebut harus menyesuaikan dengan basis yang dimasyarakat.

Dimana dalam proses rekruitmen relawan demokrasi ini KPU mensyarakat untuk 11 basis masyarakat yaitu basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih pemuda, basis pemilih perempuan. Kemudian basis pemilih penyandang disabilitas, basis pemilih berkebutuhan khusus, basis kaum marginal, basis komunitas basis keagamaan, basis pengguna internet dan basis relawan demokrasi.

“Yang dimaksud basis internet adalah mereka yang aktif dibeberapa media sosial yang saat ini tengah digandrungi masyarakat,” paparnya.

Proses rekruitmen relawan demokrasi sendiri sudah dimulai sejak Jumat (11/1) kemarin yaitu dialawi dengan pengumuman pendaftara, pengumuman pendaftaran akan berlangsung hingga tanggal 13 Januari.Kemudian tahapan selanjutnya yaitu penerimaan pendaftaran yang akan dimulai dari tanggal 12 sampai 19 Januari. Sedangkan untuk pengumuman administrasi, kelengkapan dan persyaratan akan diumumkan pada tangga 22 Januari.”Setelah itu, kita akan melaksanakan seleksi wawancara pada tanggal 23 Januari,” paparnya.

Tahapan selanjutnya yaitu, pengumuman hasil wawancara yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 sampai 27 Januari. Bagi mereka yang yang dinyatakan lulus, maka pada tanggal 28 Januari mereka akan mengikuti pembekalan sebelum melaksanakan tugas mereka sebagai relawan demokrasi.

Untuk diketahui, KPU Rejang Lebong akan merekrut relawan demokrasi, relawan demokrasi ini nantinya bertugas untuk mensosialisasikan program-program yang ada di KPU Rejang Lebong terutama untuk meningkatkan partisipasi Pemilih di Kabupaten Rejang Lebong pada Pemili serentak yang dilaksanakan pada 17 April mendatang. (251)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*