Dikira Landasan Pacu, Pesawat Mendarat di Jalan

pesawat mendarat dijalan raya dan terbakarPara pejabat di Myanmar mengatakan dua orang tewas ketika satu pesawat domestik mendarat di jalan dan terbakar di dekat Bandara Heho, Negara Bagian Shan di Myanmar tengah.

Satu orang meninggal di pesawat dan satu lagi adalah pengendara sepeda motor yang tertabrak pesawat dalam kecelakaan pada Selasa (25/12) itu. Sabanyak 11 penumpang, empat di antaranya warga asing, terluka.

Juru bicara maskapai penerbangan mengatakan di tengah kabut tebal pilot mengira jalan tersebut sebagai landasan pacu.  Sekitar 50 penumpang lain, sebagian besar wisatawan asing, yang tidak mengalami luka-luka langsung diterbangkan ke Yangoon.

Heho adalah pintu gerbang ke Danau Inke, salah satu tujuan wisata paling populer di Myanmar.   Selama ini para diplomat asing telah menyampaikan kekhawatiran terkait keselamatan pesawat maskapai penerbangan domestik di negara itu.   Perusahaan-perusahaan penerbangan tidak bisa meremajakan armada mereka karena Myanmar dikenai sejumlah sanksi internasional. Selain itu, hasil pemeriksaan keselamatan pesawat juga tidak diumumkan.

Peningkatan pesat jumlah wisatawan asing ke Myanmar setelah negara itu membuka diri memberikan tekanan kepada maskapai penerbangan.
Pesawat terbang adalah satu-satunya moda transportasi untuk mencapai tempat-tempat jauh di negara itu, dengan wilayah luas dan sarana jalan buruk.(**)