Dikbud Segera Evaluasi PPDB

PPDB: Para orang tua calon siswa memadati kantor Dikbud Kota Bengkulu guna mengambilan rekomendasi prestasi dan jalur khusus sebagai persyaratan tahapan (PPDB) Penerimana peserta didik baru Kota Bengkulu,
1. RIO/Bengkulu Ekspress
PPDB: Para orang tua calon siswa memadati kantor Dikbud Kota Bengkulu guna mengambilan rekomendasi prestasi dan jalur khusus sebagai persyaratan tahapan (PPDB) Penerimana peserta didik baru Kota Bengkulu, Senin (2/7).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Penerapan sistem zonasi pada penerimaan peserta didik baru menyebabkan beberapa sekolah dalam Kota Bengkulu, tidak terpenuhi daya tampung sekolahnya. Untuk itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, dalam waktu dekat mengevaluasi pelaksanaan PPDB tahun ini, guna mencari tahu kendala apa yang menyebabkan sekolah kekurangan siswa baru.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu Dra Rosmayetti MM saat dikonfirmasi Bengkulu Ekspressmenuturkan,”Laporan PPDB sampai saat ini belum seluruhnya masuk ke tim Dikbud Kota Bengkulu, sekolah mana saja yang kurang belum dilaporkan.”

Dikbud menjadwalkan rapat bersama dengan seluruh kepala sekolah, guna mengevaluasi penyebab terjadinya kekurangan siswa tersebut. Apakah disebabkan sistem zonasi, sistem online atau perencanaanya dengan daya tampung yang tidak sinkron.



Disinggung mengenai tumbuhnya sekolah swasta membuat masyarakat mulai meninggalkan sekolah negeri tak di tampik Rosmayetti. Dia mengakui, saat ini masyarakat mulai melirik sekolah swasta yang telah memiliki kualitas lebih bagus dari sekolah negeri. Pelaksanaan perekrutan siswa baru di sekolah swasta yang lebih awal, diduga menjadi salah satu penyumbang terjadinya kekurangan daya tampung. “Kedepan penerimaan siswa baru harus serentak, tetapi setelah kita lakukan evaluasi dulu,” tukasnya. (247)