Dikbud Provinsi Targetkan UNBK Dua Sesi

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sebentar lagi digelar. Rencananya untuk UNBK tingkat SMA/SMK di provinsi Bengkulu yang semula dilaksanakan tiga sesi dari pagi hingga sore. Demi kenyamanan peserta didik UNBK ditargetkan dilaksanakan selama dua sesi. “Kalau pelaksanaan UNBK tiga sesi, membuat peserta kelelahan belajar sampai sore, maka kita targetkan sekolah bisa ujian hingga dua sesi, “ungkap ketua panitia UN Provinsi Bengkulu, R Wahyu DP.

Rencana pelaksanaan dua sesi ini, didukung dengan adanya rencana penambahan sarana dan prasarana komputer di sekolah dari bantuan pemerintah.



Pun sebaliknya, Wahyu mengakui persiapan UNBK untuk dua sesi nelum final, dan dalam penerapan ini kerap banyak kendala namun jika sekolah belum mampu melaksanakan UNBK dua sesi maka akan dikembalikan seperti semula. “Namun tahun lalu sudah ada sekolah yang sudah menerapkan dua sesi, harapanya semua sekolah tahun ini bisa UNBK dua sesi,” katanya.

Persoalan sarana dan prasarana ini masih menjadi tanda tanya, jumlah sekolah penyelenggara hingga kini belum final, hingga saat ini masih melakukan pengimputan, dan rencana hingga 30 desember 2018 ini sekolah penyelenggara dan jumlah peserta UNBK sudah bisa dipublis.

“Sarana dan prasarana seperti komputer masih menjadi kendala, kemudian jaringan internet dan listrik pun menjadi satu kesatuan yang menjadi kendala dimasing-masing sekolah,” ujarnya. (247)