Dikbud Provinsi Bengkulu Usulkan Tiga Ribu Penerima KIP

Foto Hendrik/ BE – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu, Eri Yulian Hidayat.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu mengusulkan 3 ribu orang penerima kartu Indonesia Pintar (KIP) melalui Program Indonesia Pintar (PIP). Hal itu dikatakan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu, Eri Yulian Hidayat, Kamis (28/1).

“Ada 3 ribu penerima yang akan diusulkan sebagai penerima KIP tahun ini,” kata Eri, Kamis (28/1).

Eri mengatakan, penerima KIP tersebut diperuntukan bagi anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin yang ada di Provinsi Bengkulu. Program ini merupakan upaya pemeritah untuk mencegah peserta didik agar tidak putus sekolah.

“KIP ditujukan kepada siswa pendidikan menengah, baik melalui jalur formal SD hinggaa SMA sederajat. Serta jalur non formal, berupa paket A sampai paket C dan pendidikan khusus,” ungkapnya.

Eri menjelaskan, PIP akan diserahkan dalam bentuk uang tunai, yang ditransfer langsung Kemendikbud setelah adanya validasi dari Dikbud setempat. Selain itu, PIP juga dapat menarik siswa putus sekolah, agar kembali melanjutkan pendidikannya.

Ia menambahkan, pada 2020 lalu total penerima PIP sebanyak 177.626 siswa dengan penyaluran 119.257 siswa senilai Rp 98.324.775.000, dan penyaluran sebesar Rp 64.255.875.000 atau terealisasi 67,14 persen. (HBN)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*