Dihantam Truk, Angdes Ringsek

CURUP TIMUR, BE – Kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) terjadi di Jalan A Yamin Kelurahan Kesambe Batu Kecamatan Curup Timur, Rejang Lebong, sekitar pukul 10.30 WIB, Selasa (9/10) kemarin.

Mobil fuso BH 8704 MU bermuatan 12 ton minyak manis menghantam bagian belakang mobil angkutan desa (angdes) jenis Carry nomor polisi BD 9754 KG di jalan turunan menikung. Beruntung tidak ada penumpang di mobil angdes tersebut, namun kecelakaan itu membuat bagian belakang angdes penyok, serta menyebabkan seorang pekerja yang sedang mengecat jalan terseret dan terjepit mobil. Pekerja itu mengalami patah tangan dan luka-luka.

Data yang berhasil dihimpun wartawan di lokasi kejadian, kecelakaan itu bermula saat kedua kendaraan melaju dari arah bersamaan Lubuklinggau – Curup dengan posisi mobil angdes di depan. Diduga rem mobil fuso bermuatan minyak manis itu blong, hingga Lasio (45) warga Jambi yang mengemudikan fuso tidak bisa mengendalikan laju kendaraan di jalan menurun.

Mobil fuso berjalan cepat, sopir sempat mengelak beberapa kendaraan untuk menghindari tabrakan, namun naas tidak bisa menghindari dan menabrak bagian mobil angkutan desa yang dikemudikan Riyono (40) warga Selupu Rejang, hingga mobil angdes itu penyok.

Tidak berhenti disitu, tabrakan itu membuat angdes terdorong ke depan beberapa meter sehingga menabrak Yudi (34) warga Talo, Kabupaten Seluma yang sedang bekerja mengecat jalan provinsi. Akibatnya Yudi harus dilarikan ke rumah sakit. Ia mengalami patah tangan dan luka-luka.

Angdes terhenti setelah tertahan oleh tiang jembatan, hingga kendaraan melintang dan sempat membuat arus lalu lintas macet. “Kami sudah menghentikan kendaraan namun rem blong. Karena jalan dalam kondisi turun dan menikung, laju kendaraan tidak bisa dihentikan dan menabrak angdes,” terang Yadi (40), kernet kendaraan fuso ditemui di lokasi kejadian.

Jajaran Satlantas Polres Rejang Lebong yang mendapatkan laporan lakalantas langsung melakukan evakuasi dan mengamankan kedua kendaran untuk memulihkan arus lalu lintas dan melakukan peyelidikan lebih lanjut terhadap laka lantas tersebut. “Dua kendaraan sudah kami amakan untuk penyelidikan lebih lanjut terkait peristiwa lakalantas itu,” terang Kapolres Rejang Lbeong AKBP Edi Suroso melalui Kasat Lantas AKP Ruri Roberto didampingi Kanit Laka Ipda Panehan Ws. (999)