Dihantam Pohon, Rumah Lansia di Bengkulu Utara Hancur


APRIZAL/BE
Beginilah keadaan rumah ibu Saptina yang tertimpa pohon sepanjang 12 meter, akibat hujan deras, Kamis (10/9) lalu.

ARMA JAYA, bengkuluekspress.com – Akibat hujan deras beserta angin yang melanda Kabupaten Bengkulu Utara (BU), Kamis (10/9). Membuat rumah salah seorang lanjut usia (Lansia) warga Desa Sumber Agung Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara (BU), Saptina (70) hancur akibat tertimpa pohon. Tampak seluruh atap rumah tertutupi oleh pohon sepanjang 12 meter.
Saptina menjelaskan, bahwa pada saat musibah ini terjadi dirinya sedang sendirian di rumah. Kejadian sekitar pukul 14.00 WIB, dimana dirinya baru saja usai menggoreng peyek, lalu duduk di ruang tengah. Namun ia tidak mendengar ada suara pohon yang tumbang, ia pun baru sadar bahwa rumahnya tertimpa pohon karena melihat batang pohon yang tiba-tiba sudah berada di atap rumahnya.
“Untung saya, sudah selesai menggoreng peyek, dan duduk di ruang tengah dan tiba-tiba langsung rumah saya tertimpa pohon beringin yang memang berada di tepat dibelakang rumah saya,” jelasanya.

Saptina juga menuturkan, bahwa saat kejadian berlangsung ia juga mengalami sedikit cidera. Bagian kepala depannya terkena serpihan ranting pohon yang menimpah rumahnya. Akibatnya kepala Saptina mengalami luka memar.
“Ya sedikit memar di kening saya, tapi gak apa-apa,” terangnya.

Sementara itu, lantaran saat peristiwa berlangsung kondisi cuaca tidak mendukung. Sehingga evakuasi pohon pun baru dapat di lakukan, Jumat (11/9) oleh pihak perangkat desa, TNI-Polri dan masayarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) BU serta BPBD yang dilakukan secara gotong royong.
Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Desa Sumber Agung, Sri Muryani.
“Lantaran, keadaan kemarin tidak memungkinkan, jadi terpaksa hari ini kita lakukan gotong royong untuk membersihkan rumah ibu Saptina,” ungkap Sri.

Sri menuturkan, meski anggaran dana di tahun ini sudah hampir selesai, namun pihak pemerintah desa masih memiliki dana cadangan untuk penanggulangan bencana di desanya. Dana tersebutlah yang nantinya akan digunakan untuk membantu memperbaiki rumah ibu Saptina tersebut. Rencananya rumah tersebut akan di renovasi total dengan dibantu oleh pihak BPBD.
“Rencananya akan kita renovasi ulang, dari anggaran cadangan penanggulangan bencana desa dan ditambah dengan bantuan dari pihak BPBD,” tandasnya.(127)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*