Dihadiri Hatta dan Suswono

MENTERI Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa akan membuka pekan daerah (Peda)  Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke-14 Provinsi Bengkulu yang diselenggarakan di Kabupaten Mukomuko, pada 22-27 Juni 2013. “Dijadwalkan, Bapak Hatta Rajasa, (Menko Perekonomian) akan membuka  Peda KTNA”, kata Kepala Dinas Pertanian Provinsi Ir Edi Nevian, kepada wartawan, kemarin.
Selain Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Pertanian Suswono juga bakal menghadiri Peda KTNA tersebut.  Peda KTNA merupakan kegiatan tahunan pada petani dan nelayan, akan dikuti oleh 10 kabupaten dan kota, serta daerah tetangga.
“Peda KTNA tersebut merupakan salah satu ajang promosi potensi pertanian, perkebunan dan peternakan, dengan menampilkan hasil pertanian yang menjadi unggulan kabupaten dan kota akan dipamerkan dan dilombakan,” ujarnya.
Selain pameran, pada kegiatan itu juga digelar sarasehan tentang permasalahan-permasalahan yang dihadapi petani selama ini.  Seperti halnya persoalan alih fungsi lahan persawahan menjadi areal kebun sawit akan dibahas khusus.
“Terlebih selama ini alih fungsi lahan ini cukup tinggi sehingga mengancam keberlanjutan produksi pangan,” tambahnya.
Dia menambahkan, dalam Peda KTNA tersebut, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Bengkulu juga akan menggelar temu teknologi yang menghadirkan pakar-pakar bidang pertanian dan peternakan. “Sehingga petani dapat memiliki wawasan baru terkait teknologi pertanian,” katanya.(100)