Digugurkan, Calon PPS Datangi KPU

Puluhan warga yang mendatangi KPU Seluma.

TAIS,Bengkulu Ekspress – selasa (3/3), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Seluma sontak ramai didatangi calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) Karena mereka digugurkan seleksi administrasi lantaran terlibat partai politik (Parpol).

Namun nama calon PPS tersebut, hanya dicaplok parpol saja “Saya tidak pernah ikut serta partai politik dan pileg tahun lalu, namun saya malah sebagai peserta penyelenggara pemilu. Namun apa boleh buat sekarang saya tidak bisa berpartisipasi lagi,” ujar Yanistica Dwi Utami dari Desa Niur Kecamatan Sukaraja kepada wartawan.

Hal senada juga di keluhkan oleh kaum muhajirin dari Desa Talang Benuang. Mereka mengeluhkan jika tidak lolosnya dalam seleksi PPS, karena namanya telah catut partai politik. Namun dirinya menegaskan tidak pernah ikut serta dan memberikan KTP pada pengurus partai politik.

Bahkan dirinya baru mengetahui setelah dinyatakan termasuk Sipol (Sistem Informasi Partai Politik).”Memang dengan pencatutan ini banyak yang dirugikan dan ini bagian dari pembunuhan karakter,” tegasnya.

Terpisah, Komisioner KPU Seluma, Nazirwan SSos kepada wartawan membenarkan dengan banyaknya kedatangan dan komplin dari pendaftar PPS.Mengingat seluruh nama yang sudah mendaftar kembali di croscek dan ternyata nama mereka nyaut dalam Sipol dan kekurangan berkas, sehingga termasuk tidak memenuhi syarat.

“Mereka yang tidak lolos ini terlibat parpol setelah nama-namanya nyaut di Sipol,” tegasnya.

Dijelaskannya, jika dari data yang ada sebanyak 79 orang sudah dinyatakan gagal dan tidak bisa mengikuti tes tertulis. Pasalnya nama mereka terdaftar dalam kepengurusan partai politik. Serta juga tidak terdapat legalisir ijazah, termasuk juga berdomisili di luar Seluma.

“Solusinya adalah melakukan pengunduran diri dari partai bersangkutan terlebih dahulu serta melengkapi berkas yang diminta, namun tidak bisa ikut berpartisipasi dalam pilkada ini,”ujarnya.

Disampaikannya, jika saat ini KPU membutuhkan sebanyak 606 orang PPS untuk 202 kelurahan dan kecamatan di Kabupaten Seluma.

Dimana masing masing desa dan TPS sebanyak tiga orang, direncanakan hari ini Rabu (4/3) bertempat masing masing dapil akan dilakukan ujian tertulis.”Untuk soal saat ini tengah digandakan, hari ini Rabu (4/3) akan dilakukan tes tertulis,” pungkas Nazirwan.(333)