Digelontorkan Rp 9 M untuk Pembebasan Lahan

KOTA BINTUHAN, BE– Pemerintah menggelontorkan dana sebesar Rp 9 miliar dari APBD 2012 untuk menunjang sejumlah proyek pembangunan. Proyek yang digarap tersebut antara lain pembangunan jalan dan pembebasan lahan seluas 2 Hektar untuk pembangunan PAUD Terpadu di Lokasi Taman Bineka. Ini diungkapkan Asiten I Nandar Munadi SSos, didampingi Kabag Pemerintahan Ruslan Jayadi MTpd, kemarin (2/10). “Selain itu, anggaran tersebut juga untuk pembebasan 15 Hekar lahan SMK, SMPN, dan lahan 10 Hektar di Kecamatan Kaur Selatan,” katanya.

Ia mengatakan, sekitar 10 Hektar lahan untuk pembangunan Kantor BP4K Di Kaur Selatan, 3 Hektar lahan untuk pembangunan Gedung BPBD di Kaur Selatan, 1 hektar untuk Koramil,dan 1,2 hektar lahan untuk pembangunan Kantor Polsek di Kecamatan Kinal.
“Pembesan lahan jembatan timbangan di Maje dan Pembesasan lahan SMPN 5 di Desa Wayhawang Maje juga masuk dalam itu,” katanya.

Diungkapnya proses pembebasan lahan sudah berjalan dengan baik. Seperti pembebasan di Taman Bineka, sehingga pembangunan PAUD di lokasi tersebut telah dilaksanakan.

“Semuanya ini sedang dibahas bersama dengan pihak SKPD, seperti
Dispenbud, Pemerintahan, Pertanian, sudah melakukan koordinasi,” katanya.
Ia mengatakan dasar kesepakatan warga dengan pemerintah sudah ada. Sehingga tinggal melaksanakan pembayaran ganti rugi. Karena itu warga penerima dana pembebasan lahan harus menunjukkan bukti pemilikan yang sah, dan disaksikan kepala desa masing-masing.

“Nantinya pihaknya akan mengadakan pertemuan denganĀ  warga yang punya lahan, sehingga nanti dana pembebasan kepada pemilik yang sah dan disaksikan kades masing-masing,” katanya.(823)