Diduga Banyak Galian C di Benteng Tak Kantongi Izin

Kabid Pelayanan Perizinan DPMPTSP, M Hasyim

BENTENG, bengkuluekspress.com– Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bengkulu Tengah (Benteng) mencatat ada sebanyak 11 pertambangan rakyat atau biasa disebut galian C yang terdaftar (lihat grafis,red). Artinya, sebelas pelaku usaha tersebut sudah mengantongi izin lingkungan pertambangan rakyat yang dikeluarkan oleh DPMPTSP Benteng.
“Kami hanya sebatas mengeluarkan izin lingkungan. Data yang kami miliki, ada 11 pertambangan rakyat di kabupaten Benteng,” kata Kepala DPMPTS Benteng, Endang Sumantri SH MH melalui Kabid Pelayanan Perizinan, M Hasyim SPd.

Secara teknis, aku dia, penerbitan izin usaha pertambangan dan operasi galian C diterbitkan oleh DPMPTSP Provinsi Bengkulu. Setelah dilakukan peninjauan dan dianggap layak, barulah pelaku usaha diminta untuk mengurus izin lingkungan di DPMPTSP Benteng.
“Salah satu syarat agar izin lingkungan dikeluarkan adalah ada surat rekomendasi dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Benteng. Yaitu, dokumen upaya pengelolaan lingkungan hidup dan pemantauan lingkungan hidup (UKLUPL),” jelasnya.

Dari hasil pemantauan di 11 kecamatan se-Kabupaten Benteng, beber Hasyim, jumlah galian C yang beroperasi di Bumi Maroba Kite Maju cukup banyak. Rata-rata di sekitar aliran sungai, yaitu pengolahan batu koral menjadi batu pecah, penambangan pasir dan pasir batu (Sirtu). Informasi didapat, banyak diantaranya tak memiliki perizinan secara lengkap lantaran lokasi penambangan tak dianggap layak dan dikhawatirkan akan merusak lingkungan sekitar.
“Diduga banyak galian C yang tak mengantongi izin. Informasi yang diperoleh, mereka (pelaku usaha,red) sudah pernah mengajukan izin namun tak disetujui oleh Pemerintah Provinsi. Meski begitu, mereka tetap saja beroperasi,” tandasnya.(135)

No Jenis usaha Pemohon Alamat
1 IUP Batuan Syaiful Amarin Desa Bang Haji
2 IUP Batuan Zanarzan Desa Pagar Jati
3 IUP Batuan Nurdi Awaludin Desa Kertapati Mudik
4 IUP Batuan (Pasir) Aprianto Desa Penanding
5 Penambangan dan Pengolahan Batu Abdul Rozak Desa Kroya
6 Penambangan Galian Batuan M Tazarzen Desa Kertapati Mudik
7 Penambangan Galian Batuan Suharto Desa Lubuk Sini
8 Penambangan Galian Batuan Firdaus Thaher Desa Taba Renah
9 Crusher, AMP, Batching Plant Revil Fernando Desa Padang Betuah
10 Pertambangan Bahan Galian Mineral Frilly Desa Tengah Padang
11 Penambangan Batuan dan Stone Crusher Saily Prayoga Desa Batu Beriang

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*