Didik Murid Berahlak

Emiyana B Kepala Sekolah DKepala SD Negeri 5 Pondok Kelapa, Emiyana S.Pd mengatakan, pendidikan adalah usaha sadar terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.
“Dari pengertian itu, sudah jelas bahwa pendidikan tidak hanya bertitik berat pada kecerdasan intelektual saja melainkan juga pembentukan karakter anak. Pendidikan tidak sekedar proses belajar guna mengejar kecerdasan tetapi, harus mengembangkan potensi lain yang dimiliki peserta didik dan mendapat perhatian dari pendidik agar dapat berkembang secara optimal,” jelas Emiyana.
Menurutnya, khusus di SD Negeri 5 Pondok Kelapa, karakter dan berahlak mulia menjadi tujuan utama pihak sekolah, dengan berupaya mendidik anak-anak aga lebih bias dan tahu. “Sesuai dengan visi sekolah, mewujudkan manusia cerdas, inovatif, kompetitif, berahlak mulia dan berwawasan lingkunga. Dengan konsep visi dan tujuan utama dari sekolah ini, maka akan menamatkan anak yang berahlak,” terangnya.
Dikatakannya, pendidikan karakter anak harus dikembangkan sesuai dasar pokok pendidikan, dan khususnya di Sekolah Dasar merupakan dasar pembentukan karakter atau kepribadian anak agar saat mereka dewasa mempunyai akhlak yang baik (akhlakul kharimah).
“Pendidikan karakter memiliki keterkaitan dengan ahlak mulia peserta didik, jadi perlu ditingkat dan dilaksanakan, contohnya terlaksana di SD kami,” imbuhnya.(111)