Dianggarkan Rp 1 Miliar, Parpol Seluma Belum Usulkan Kenaikan

TAIS, bengkuluekspress.com – Ternyata tahun 2021 ini Pemkab Seluma menganggarkan dana hibah untuk bantuan Parpol (Banpol) sebesar Rp 1 miliar.  Anggaran ini sudah dimasukkan dalam APBD 2021 serta sudah diplot di Dians Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). Namun saat ini anggarannya belum dikucurkan ke sejumlah parpol yang mempunyai wakil di DPRD Seluma.

“Nah itulah yang kami pertanyakan saat ini. Anggaran banpol naik. Dua kali lipat, tapi parpol tidak ada yang mengusulkan kenaikannya. Sehingga jika tidak ada usulan. Serta keputusan Bupati Seluma. Maka kami akan membayarkan sesuai dengan aturan yang lama. Sebesar Rp 582 juta,” tegas Kepala Kesbangpol Seluma, Darlinda, S.Pd, MM kemarin.

Dijelaskan, bahwa dana banpol ini meningkat dibandingkan tahun lalu. Karena tahun 2020 lalu dianggarkan sebesar Rp 582 juta. Hanya saja, meskipun anggaran dana hiba ini naik. Namun sejumlah parpol belum mengajukan kenaikan anggaran.

Sehingga besaran harga satu suara masih seperti yang lama yakni Rp 5.252. Selain itu, untuk membayarkan dana Banpol. Kesbangpol masih menunggu rekomendasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Karena seluruh parpol diminta menyampaikan laporan ke BPK. Setelah itu BPK yang memberikan rekomendasi. Parpol mana yang akan menerima dana serta LPJ nya dinyatakan lengkap oleh BPK.

“Mereka melaporkan LPJ ke BPK. Nah, sampai saat ini belum kami terima rekomendasi dari BPK,” pungkasnya. (333)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*