Dian Syakhroza-BPOM Cek Jajanan Sekolah

Foto Berita Ibu Dian SyakhrozaBENGKULU, BE – Anggota DPR RI dari Demokrat Dapil Bengkulu, Dian Syakhroza bersama Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Bengkulu, melakukan pengecekan jajanan sekolah di sejumlah sekolah di Kota Bengkulu.  Ini dilakukan guna memastikan apakah ada bahan kimia berbahaya dalam makanan yang sering dikonsumsi anak-anak.
Sejumlah sekolah yang diambil sebagian sampelnya, yakni SD Negeri 79 Kota Bengkulu. BPOM langsung melakukan uji awal di mobil pengujian milik BPOM Bengkulu pada bahan makanan berupa kerupuk, roti, kue dan jajanan ringan yang sering dikonsumsi anak-anak sekolah.
Dian Syakhroza yang merupakan Anggota Komisi IX DPR RI kepada wartawan disela-sela kegiatan resesnya tersebut mengatakan, hal ini dalam rangka tugas pengawasannya di Bengkulu. Pengawasan ini adalah tanggung jawabnya sebagai wakil rakyat yang duduk di parlemen.
“Ini sangat bagus dan ini memang sudah lama dilakukan, seperti SD Negeri 79 ini sudah menang tiga kali hasil pemeriksaan BPOM untuk melihat makanan-makanan dan jajanan-jajanan yang ada di sekolah,” katanya.
Salah satu kader terbaik Demokrat yang sangat peduli dengan Bengkulu ini sangat merespon apa yang dilakukan BPOM.  “Kita sangat merespon apa yang dilakukan oleh BPOM, ini sangat penting.  Semoga semua hasil uji makanan ini negatif,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala BPOM Bengkulu Drs Zulkifli APt sangat bangga dengan Dian Syakhroza yang mau melihat secara langsung apa yang dilakukan pihaknya sebagai salah satu mitra kerja Komisi IX.
“Dengan adanya kunjungan Ibu Dian dari Komisi IX ini mudah-mudahan ke depan akan memperhatikan BPOM khususnya untuk di Bengkulu. Adanya dukungan dari Komisi IX itu yang kami harapkan. Kami sangat bangga sekali Ibu Dian Syakroza bisa hadir langsung menyaksikan program ini,” ungkapnya.
Program ini menurutnya, selain untuk melakukan pengecekan sejumlah jajanan di sejumlah sekolah, juga untuk memastikan apakah ada bahan kimia berbahaya terkandung dalam makanan yang sering di konsumsi anak-anak, serta memberikan informasi tentang jajanan sehat.
“Program ini untuk bagaimana kita memberikan informasi kepada masyarakat, kepada anak didik kita agar mengkonsumsi makanan-makanan yang tidak berbahaya,” ujarnya.
Ini merupakan upaya preventif BPOM Bengkulu, sehingga tak ada bahan makanan terbuat dari bahan berbahaya yang beredar tanpa terkontrol di masyarakat.  “Juga agar perilaku anak didik kita bisa berubah, dari membuang sampah sembarangan menjadi membuang sampah pada tempatnya. Juga kebiasaan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan,” tandasnya.
Kepala SD Negeri 79 Kota Bengkulu juga sangat menyambut baik kunjungan yang dilakukan Dian Syakhroza. “Kami sangat bahagia dengan kunjungan dari Anggota DPR RI, Dian Syakroza  bersama BPOM Bengkulu,  dengan momen ini mudah-mudahan anak kita bisa sehat dan cerdas,” ungkapnya.
Di SD 79 Kota Bengkulu, Dian Syakhroza juga langsung melakukan pengecekan sampel makanan yang disaksikan oleh guru-guru sekolah tersebut, bersama Balai POM.  Selain menyaksikan langsung pengujian sampel makanan, Dian Syakhroza juga sempat bertatap muka dengan murid-murid sekolah tersebut.
“Di sini SD 79 Kota Bengkulu juga mengeluhkan kurangnya fasilitas yang dimiliki sekolah tempatnya mengabdi tersebut.  Seperti rumah penjaga sekolah yang tak layak huni dan penambahan ruangan belajar.
“Karena kekurangan ruangan kelas, terpaksa ada yang masuk siang. Kami juga tidak punya Labor, perpustakaan dan ruang komputer.  Dengan adanya kunjungan ini, bisa melihat kekurangan kami di sini dan ada tindaklanjutnya,” tukasnya.
Diantara kunjungannya memantau kesehatan jajanan sekolah-sekolah, Dian Syakhroza juga menyempatkan waktunya untuk menghibur dan memberikan nasehat kepada anak-anak sekolah. (dito)