Di Lebong, Tanah Amblas, Rumah Serta Isinya Masuk Jurang

AMBLAS : Rumah milik Ami Zarkum yang dihuni oleh Billy, masuk ke jurang akibat tanah ambruk.

LEBONG, bengkuluekspress.com – Tidak mampu menahan beban dan terkikis oleh air hujan yang beberapa hari ini mengguyur Kabupaten Lebong, membuat tanah yang berada di Desa Loka Sari Kecamatan Lebong Utara, amblas dan mengakibatkan 1 unit rumah ikut amblas dan hancur.

Data terhimpun, kejadian tanah amblas terjadi pada Kamis siang (22/10) seitar pukul 14.30 WIB. Diketahui rumah tersebut merupakan milik Ami Zarkum (salah seorang guru SD desa setempat) dan dikontrakkan kepada Billy yang merupakan pegawai Tenaga Harian Lepas Terkontrak (THLT) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lebong.

Beruntung dalam peristiwa amblasnya tanah dan rumah ini tidak ada korban jiwa, karena rumah dalam keadaan kosong. Akan tetapi rumah mengalami hancur berat dan 2 unit sepeda motor milik Billy, juga ikut masuk ke dalam jurang. Akibat kejadian tersebut, korban mengalami kerugian puluhan juta rupiah.

Seorang saksi mata yang merupakan warga sekitar, Marpaung mengatakan, bahwa memang posisi rumah sendiri berada di samping jurang. Sementara beberapa hari ini terus diguyur hujan, mengakibatkan tanah tergerus oleh air hujan dan diketahui juga bahwa di bagian bawah jurang ada saluran air.

“Memang pada saat kejadian tidak hujan, namun tiba-tiba ada suara reruntuhan dan diketahui tanah tiba-tiba amblas,” ucapnya, Kamis (22/10).

Terpisah, Kepala Desa Lokasari, Yudi Robinson menyampaikan bahwa mengetahui hal tersebut, pihaknya bersama warga, TNI-Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan pihak kecamatan, melakukan evakuasi terhadap perabotan rumah korban, termasuk 2 unit sepeda motor yang ikut masuk ke dalam jurang.

“Kita bersama-sama membantu sebisa mungkin mengangkat perabotan rumah milik korban,” singkatnya. (614)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*