Di Lebong, Positif Covid-19 Terus Meningkat

Kadinkes Lebong, Rachman SKM MSi

LEBONG, bengkuluekspress.com – Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Lebong terus meningkat. Setidaknya hingga saat ini total masyarakat terkomfirmasi covid-19 mencapai 225 orang. Dari total tersebut ada sebanyak 165 dinyatakan sembuh, 5 orang meninggal dunia dan sisanya sebanyak 54 orang masih menjalani isolasi mandiri.

Jumlah positif Covid-19 di Kabupaten Lebong sendiri, tidak menutup kemungkinan akan terus bertambah. Hal ini dikarenakan, saat ini masih ada sebanyak 120 sampel swab yang masih di periksa PCR di Laboratorium Provinsi Bengkulu. Ditambah lagi dengan masih menurunnya kesadaran masyarakat Lebong untuk menjalankan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat.

Kepala Dinas (Kadinkes) Kabupaten Lebong, Rachman SKM MSi mengatakan bahwa kluster kasus positif yang kembali meningkat di Kabupaten Lebong saat ini, sebagian besar berasal dari perkantoran di lingkup Pemerintah Kabupaten Lebong.

“Seperti Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil, ada juga dari Puskesmas Kota Donok,” sampainya, Kamis (8/7).

Oleh karena itulah, untuk pelayanan di Puskesmas Kota Donok harus ditutup sementara dan masyarakat yang berobat dialihkan ke Puskesmas terdekat, sedangkan untuk di Dukcapil masih melakukan pelayanan namun terbatas dan disarankan masyarakat yang akan melakukan pengurusan Adminitrasi Kependudukan (Adminduk), melalui sistem online.

“Cara ini merupakan satu upata memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, menyikapi masih ada sampel swab yang diperiksa di laboratorium, dirinya berharap hasil pemeriksaan semuanya negatif. Selain itu, dirinya terus menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga Prokes yang ketat, baik itu selalu memaki masker terutama ketika beraktifitas di luar rumah, sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

“Juga menjaga jarak dan tidak berkerumun, juga mengkonsumsi makanan yang sehat dan istirahat yang cukup” imbaunya. (614)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*