Di Era Rohidin IPM Bengkulu Meningkat

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Bengkulu di era kepemimpinan Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah terus mengalami peningkatan. Sebelumnya IPM Bengkulu mampu masuk ke dalam kategori tinggi dengan capaian 70,64 pada tahun 2018, kini meningkat satu digit menjadi 71,21 pada tahun 2019.

Percepatan peningkatan IPM Bengkulu kurun waktu 2017-2018 adalah sebesar 0,81 lebih tinggi dari percepatan peningkatan IPM nasional yang hanya sebesar 0,74. Hal ini berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik terkait Indeks Pembangunan Manusia 2019
No. 21/02/Th. XXIII, 17 Februari 2020.

“Keberhasilan ini tentunya merupakan hasil kerja keras segenap pemerintah kabupaten dan kota, masyarakat serta stakeholder Bengkulu,” terang Rohidin, Rabu (26/02).

Dilanjutkan Rohidin, pembangunan terus dilakukan dengan cara bahu membahu dengan satu semangat mewujudkan Bengkulu maju dan sejahtera. Kedepan pihaknya berharap capaian prestasi tersebut dapat meningkat lagi lebih baik.

“Kita optimis Bengkulu akan menjadi provinsi primadona dan jadi percontohan nasional. IPM merupakan indikator yang digunakan untuk melihat perkembangan pembangunan dalam jangka panjang,” ungkap mantan wakil gubernur Bengkulu itu.

Sementara itu, Kepala Bappeda Provinsi Bengkulu Isnan Fajri menambahkan bahwa kenaikan IPM juga diikuti dengan kenaikan komponen IPM lain. Kenaikan itu seperti usia harapan hidup meningkat menjadi 69,21 tahun, harapan lama sekolah menjadi 13,59 tahun, rata-rata lama sekolah menjadi 8,73 tahun serta pengeluaran per kapita masyarakat meningkat menjadi Rp 10.409.000.

“Capaian IPM Bengkulu tahun 2019 telah mencapai target RPJMD yang hanya 71,00. Indikator IPM Bengkulu yang meningkat signifikan adalah indikator kesehatan yang diukur dengan usia harapan hidup,” jelas Isnan.

Tentu, tambah Isnan, capaian ini menggambarkan pembangunan manusia di Bengkulu yang diukur dengan tiga aspek esensial mulai dari umur panjang dan hidup sehat, pengetahuan, dan standar hidup layak sudah meningkat. Dengan begitu IPM Bengkulu menuju arah kemajuan bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.(HBN/ADV)