Dewi Coryati Dorong BUMDes Kelola Wisata


Ary/BE
Dewi Coryati saat memberikan materi pada kegiatan bimbingan teknis kemitraan strategi promosi destinasi wisata pasar Indonesia, Asean dan Australia yang dilaksanakan di Golden Rich 88 Hotel Curup, Jumat (11/9).

CURUP, bengkuluekspress.com  Anggota Komisi X DPR RI, Hj Dewi Coryati MSi mendorong BUMDes yang ada di Provinsi Bengkulu untuk ikut serta dalam pengembangan pariwisata yang ada. Karena dengan BUMDes ikut mengelola pariwisata, maka akan lebih banyak lagi manfaat yang didapati.
“Pentingnya BUMDes masuk dalam pengelolaan wisata, karena nanti bila ada bantuan untuk pengembangan pariwisata harus lewat BUMDes, kalau tidak ada BUMDes maka bantuan tidak bisa masuk,” ungkap Dewi Coryati di sela-sela kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) kemitraan strategi promosi destinasi wisata pasar Indonesia, Asean dan Australia yang dilaksanakan Dewi Coryati bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Golden Rich 88 Hotel Curup, Jumat (11/9).

Bahkan, menurut politisi PAN tersebut, beberapa waktu lalu pemerintah akan membantu pengembangan sektor pariwisata yang ada di Provinsi Bengkulu. Namun karena tidak adanya BUMDes, maka bantuan tersebut tidak bisa diberikan.
“Selain itu, bila dengan terlibatnya BUMDes dalam pengelolaan wisata maka nantinya destinasi bisa menjadi bagian dari bisnis BUMDes,” tambahnya.

Dewi menjelaskan, meskipun dilaksanakan di Kota Curup, namun para pesertanya merupakan para pelaku pariwisata dari Kabupaten Rejang Lebong. Kegiatan yang mematuhi protokol kesehatan tersebut diikuti oleh 100 orang peserta yang berasal dari delapan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Kepahiang. Yaitu dari Air Terjun Sengkuang, Air Terjun Bukit Hitam, Curug Embun, Danau Suro, Air Terjun Merigu, Mountain Valley Kabawetan, Damai Sari Flower dan Air Terjun Daspetah
“Dengan kegiatan ini kami berharap para pelaku pariwisata di Kabupaten Kepahiang bisa mendapatkan pengetahuan tentang cara promosi wisata yang baik dan tepat, terutama di masa pandemi Covid-19 ini,” harapnya.(251)