Dewan Usulkan Rp 400 Miliar untuk Infrastruktur

Jonaidi SP - Angga Dwinka

BENGKULU, bengkulueskpress.com – DPRD Provinsi Bengkulu mengusulkan anggaran sebesar sekitar Rp 400 Miliar untuk infrastruktur di Provinsi Bengkulu dalam pembahasan RAPBD tahun 2016 . Hal ini disampaikan oleh Jonaidi SP, Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu saat diwawancarai di ruang kerjanya.

“Kita usulkan dari Komisi III Hampir 20 persen dari total anggaran Rp 2,3 miliar di luar belanja pegawai akan masuk dalam infrastruktur terutama Dinas Pekerjaan Umum sekitar Rp 400 Miliar,” ujar Jonaidi.

Adapun infrastruktur tersebut diantaranya untuk pembangunan jalan hotmix, penetrasi, bidang cipta karya dan jalan-jalan lingkungan yang belum tersentuh.

Awalnya oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) mengajukan anggaran sekitar Rp 300 miliar termasuk Dana Alokasi Khusus DAK). Namun dalam pembahasan selanjutnya, karena melihat banyaknya usulan masyarakat yang masuk ke Komisi III, menuntut untuk mengalokasikan anggaran lebih banyak mencapai Rp 400 miliar.

“Semoga pemerintah mampu untuk mencukupi anggaran itu. Jadi jangan heran nanti mungkin beberapa anggaran rutin seperti sosialisasi, pemutakhiran data pengawasan dan pembinaan dari berbagai SKPD yang memakan dana banyak itu akan kita press. Dana itu kita lokasikan untuk pembangunan infrastruktur masyarakat sehingga masyarakat dapat menikmati infrastruktur dalam jangka waktu yang cepat untuk tahun 2016,” terangnya.

Usulan ini lebih besar dibanding dengan tahun 2015 lalu. Tahun 2015 lalu anggaran infrastruktur sebesar 379 Miliar. Sedangkan tahun ini diprediski sebesar 425 Miliar.

“Jadi peningkatan sekitar Rp 54 miliar,” tukasnya. (Dil)